Selamat Spanyol Juara Euro 2012

189aba59c5ca675d85350be7ef1eb6e5_spanyol2012

Akhirnya Spanyol Juara Euro 2012 yang menciptakan rekor negara pertama secara berturutan berhasil meraihnya. Spanyol mengalahkan Italia dengan 4 goal di partai final Akhirnya hanya Jerman dan Spanyol yang bisa meraih Euro sejak diselenggarakan tahun 1960.

Tiki Taka atau operan pendek antar pemain ciri khas bermain bola di Spanyol sempat menuai kritik, namun ternyata selama 2008 sampai 2012 ini setidaknya Tiki Taka mendominasi Kejuaran antar negara baik di Eropa dengan Euro dan dunia dengan Piala Dunia (World Cup) nya.

Susunan Pemain dan Goal

Berikut susunan  pemain Spanyol dan Italia :

Spanyol (4-3-3): 1-Iker Casillas; 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba, 17-Alvaro Arbeloa; 16-Sergio Busquets, 14-Xabi Alonso, 8-Xavi; 6-Andres Iniesta Juan Matta 87′), 10-Cesc Fabregas (9-Fernando Torres 75), 21-David Silva (7-Pedro Rodríguez 58).

Italia (4-1-3-2): 1- Gianluigi Buffon, 7-Ignazio Abate, 15-Andrea Barzagli, 9-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini (6-Federico Balzaretti 21), 8-Claudio Marchisio, 21-Andrea Pirlo, 16-Daniele De Rossi, 18-Riccardo Montolivo (5-Thiago Motta 56), 10-Antonio Cassano (11-Antonio Di Natale 45), 9-Mario Balotelli.

Goal yang dilesakkan pemain Spanyol ke gawang Buffon masing-masing adalah David Silva 14′,  Jordi Alba 41′,  dan pemain pengganti yang langsung membuat kejutan Fernando Torres 84′ dan Juan Matta 88′.

Spanyol Teratas dan Sulit ditundukkan 2008 -2012

Mengapa Spanyol masih mendominasi dan sangat sulit ditaklukkan oleh negara manapun ? Berikut analisa singkat penulis berdasarkan informasi yang diperoleh saat ini.

TIki Taka

Tiki Taka adalah pola bermain bola ala Spanyol dengan operan pendek kaki ke kaki. Dengan pola ini kemampuan individu untuk menguasai bola dan mengoper harus sangat baik, jika tidak maka bola akan diambil alaih oleh pihak lawan. Probabilitas untuk dioper dengan operan pendek lebih besar jika dibandingkan operan panjang atau operan silang.

Tampak jika Spanyol bermain penguasaan bolanya sering lebih dari 50% karena Tiki Taka tersebut. Konsekuensi logis dominasi bola di kaki Spanyol pihak lawan akan merasa lebh inferior dan ini berhubungan dengan mental bermain karena bola lebih banyak di kaki Spanyol maka bisa membuat frustasi pemain lawan.

Memang ada risiko untuk Tiki Taka yaitu apabila kuatnya pertahanan lawan, serangan balik dan pihak lawan ganti pressure dengan permainan cepat. Portugal berhasil menahan seri Spanyol karena melakukan pola ini yaitu mempressure dan bermain cepat sehingga mengurangi dominasi bola di kaki pemain Spanyol. Dalam catatan saya Spanyol dikalahkan dalam partai resmi adalah pada kualifikasi group Piala Dunia 2010 kalah 0 : 1 dari Swiss karena Swiss melakukan pertahanan kuat, mengandalkan serangan balik yang efektif dan penjagaan pemain spanyol secara ketat.

Persaingan Tajam di Liga Spanyol

Persaingan ketat 2 klub Real Madrid dan Barcelona yang notabene 5 besar klub terkaya di dunia dan klub 2 besar di Liga Spanyol untuk beberapa tahun terakhir ini membuat kualitas permainan dan persaingan antar pemain cukup ketat. Pengalaman bermain dalam persaingan yang besar membuat pengalaman dan kemampuan bermain para pemain Spanyol menjadi sangat baik dan mumpuni.

Dalam team Spanyol ada 5 pemain Real Madrid  dan 7 pemain Barcelona bermain di team nas Spanyol. Bahkan saat ini klub lainnya di Spanyol mulai bisa mengimbangi Real Madrid dan BArcelona, dengan demikian persaingan semakin tajam dan tentunya berdampak pada kemampuan bermain pemain bola Spanyol yang main baik.

Kekompakan di Team Nasional

Meskipun di liga nasional antar pemain saling bersaing, tetapi di tingkat team nasional pemain kompak. Hal ini tampak dari cara mereka saling berkomunikasi dan kuaalitas permainan team nas Spanyol. Persaingan di klub tidak dibawa dalam team nasional.

Kekuatan di Semua Lini

Semua lini Spanyol sangat kuat, meski awalnya diragukan untuk ketajaman striker namun ternyata dengan kiper, back, dan gelandang yang berjibun tetap membuat permainan Tiki Taka sulit dibendung kesebelasan manapun paling tidak sampai saat ini. Gelandang Spanyol bisa menjadi pemain bertahan, di satu sisi bisa menjadi pemain penyerang. Dengan demikian aliran bola tetap lancar untuk ke arah depan dan akan tertahan jika memasuki daerah pertahanan Spanyol.

Spanyol Berjibun Pemain Tengah

Sudah menjadi rahasia umum Spanyol mempunyai banyak pemain gelandang atau pemain tengah, sebut saja beberapa diantaranya yang mempunyai leverl tingkat dunia Iniesta, David Silva, Xabi Alonso, Xavi Hernandez dan banyak lagi. Berjibunnya pemain tengah yang mempunyai kemampuan jadi playmaker, bertahan dan menyerang membuat dominasi permainan ada di Spanyol. Saya ingat beberapa tahun lalu Perancis pernah mendominasi karena kekuatan di daerah lapangan tengah baik jamannya Platini maupun Zidane.

Selamat Spanyol Juara Euro 2012

Bagaimanapun selamat Spanyol, Team Spanyol pantas Juara Euro 2012 dan samapai saat ini sangat sulit team manapun megnalahkan Spanyol.

Selamat.

Pos ini dipublikasikan di Polandia, sepak bola, Ukrania. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s