Profil : Hatta Rajasa, santun, bervisi dan berbakti

9fef701810fb742c2741efa210c342b0_hatta-rajasa

Hatta Rajasa (HR), insinyur Teknik Perminyakan, pengusaha, organisatoris, politikus, mentri, negosiator dan pemimpin yang bervisi. Awalnya, tokoh ini sungguh di luar perkiraan untuk bisa tampil ke kancah nasional namun dengan pelan tetapi pasti HR menunjukkan kapasitasnya menjadi salah satu tokoh penting dalam negara Indonesia di era modern ini.

Ada 3 kata yang saya bisa tangkap dari pribadi HR dari jauh yaitu santun, bervisi dan berbakti.

Entah dari mana saya baca atau dengar namun HR menanamkan untuk bersikap santun terhadap siapapun yang diajak komunikasi. Santun menunjukkan kematangan dalam berkomunikasi dan bekerjasama dengan orang lain dalam satu team. Sikap santun  kadang dilupakan dalam kehidupan  sehari-hari. Padahal santun adalah  elemen penting dari keramah tamahan yang sudah diwarisi bangsa Indonesia turun temurun. Dalam berbagai media dan wawancara yang saya sempat ikuti, HR melaksanakan sikap santun  dan terbukti menjadi kekuatan atas  perjalanan hidupnya terus menanjak dan membuktikan dalam panggilan sebagai  pemimpin di negeri tercinta ini.

HR bervisi dapat dilihat dari perjalanan hidupnya yang terus menanjak dalam bidang-bidang yang disebutkan di atas. Berikut singkat perjalanan hidup HR :

  • 1953 Lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 18 Desember
  • 1973 Insinyur Teknik Perminyakan angkatan 1973 Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • 1977/78 Teknisi Lapangan PT. Bina Patra Jaya
  • 1982/2000 Presiden Direktur Arthindo
  • 1980/83 Wakil Manager teknis PT. Meta Epsi
  • 1999/2000 Ketua Fraksi Partai Reformasi DPR-RI
  • 2000/2005 Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (DPP-PAN)
  • 2001/2004 Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Gotong Royong
  • 2004/2007 Menteri Perhubungan Kabinet Indonesia Bersatu
  • 2007/2009 Menteri Sekretaris Negara Kabinet Indonesia Bersatu
  • 2009 20014 – Menko Perekonomian
  • 2010 Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional

Dalam website http://hatta-rajasa.info/ disampaikan juga tentang Impian HR dari poin-poinnya nampak visi HR ke depan buat backgroundnya (mengubah paradigma cost recovery), bangsa dan negara (pemerintahan harapan rakyat), tugasnya sebagai Menko  (MP3EI dan Mimpi Kekuatan Baru, Indonesia sebagai kekuatan  ekonomi baru) dan sebagai anak bangsa (Jangan pernah mencerca bangsa sendiri).

HR berbakti dalam berbagai bidang dan jenjang, terhadap almamaternya (2007 – 2011 sebagai Ketua Ikatan Alumni ITB), partai (Ketua Fraksi 1999/2000, Sekjen PAN 2000-2005, Ketua Umum PAN sejak 2010), dan pada bangsa dan negara (Menristek 2001-4, Menhub 2004-7, Mensesneg 2007-9, Menko Perekonomian 2009-2014).

Satu hal yang penting dari HR adalah jabatan mentri diemban dalam 3 masa periode kepemimpinan dengan 2 presiden Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono.  Dengan demikian HR sebagai sosok yang memiliki kompetensi, loyalitas, dan profesionalitas dalam menjalani karier.

Sebagai negotiator HR terbukti menjadi pembuka komunikasi antar politisi di panggung legislatif atau bahkan antar pemimpin negara. kemampuan lobi dan negosiasi untuk bisa membuka komunikasi yang efektif dalam usaha memberikan solusi buat negara dan bangsa tercinta ini.

Sebagai lulusan TM ITB (Teknik Perminyakan ITB), HR Hatta merasa bangga dan bisa memberikan kontribusi untuk indonesia. HR menyatakan  TM ITB sampai saat ini banyak melahirkan kader yang mampu berkontribusi pada bangsa. Ada tercatat beberapa lulusan lamamater TM ITB yang berkiprah dalam tingkat nasional diantaranya Widjajono Partowidagdo, Rubi Rubiandini Ria,  Purnomo Yusgiantoro, Al Hilal Hamdi. HR melihat pentingnya kader TM untuk mengembangkan potensi alam yang ada di tanah air termasuk energi alternatif, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan global.

HR sebagai tokoh nasional telah menunjukkan dengan santun, bervisi dan berbakti akan membuktikan dan memberikan kontribusi yang berbakti buat bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Sumber : http://hatta-rajasa.info/, berbagai sumber, search engine google.

Pos ini dipublikasikan di Profil. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s