Finalis Euro 2012 : Spanyol

cc6809085b56e5c76c9910c7f4adf883_timnasspanyol

Tim Nas Spanyol merupakan juara bertahan Euro 2008 dan  juara Piala Dunia 2010 lalu. Dalam Euro dari 13 kali penyelenggaraan sampai 2008, Spanyol telah memenangkan 2 kali Juara 1964 dan 2008 dan sekali Runner Up 1984, sama dengan Perancis  Juara 2 kali dan kalah dari Jerman juara 3 kali. Dalam Piala Dunia Spanyol adalah negara ke-8 yang berhasil menjadi Juara Piala Dunia sepak bola pada 2010 setelah Brasil 5, Italia 4, Jerman 3, Argentina 2, Uruguay 2, perancis 1 dan Inggris 1 kali.

Pemainnya banyak yang masih bermain saat ini di Euro 2012 yaitu dari 23 pemain ada 11 pemain yang ikut pula memperkuat di  Euro 2008 dan Wold cup 2010, yaitu Iker Casillas (c) , Raúl Albiol  Andrés Iniesta,  Xavi Hernández , Fernando Torres , Cesc Fàbregas , Xabi Alonso, Sergio Ramos , Álvaro Arbeloa , David Silva dan Pepe Reina . Pelatihnya sama yang membawa Spanyol juara Wolrd Cup 2010 yaitu Vicente del Bosque.

Pola permainan Spanyol sering disebut tiki taka atau operan pendek dari kaki ke kaki secara mengalir untuk menghasilkan goal. Sebagian pemain bermain di Liga Spanyol (19 dari 23 pemain) dan 5 pemain beasal dari Real Madrid dan 7 pemain dari Barcelona, lainnya dari Malaga, Sevilla, Valencia dan Athletic Bilbao. Empat pemain bermain di Liga Inggris yaitu Fernando Torres (Chealse), Juan Mata (Chealse), Pepe Reina (Liverpool) dan David Silva (Manchester City). Pemain tertua adalah Xavi Hernández 32 tahun dan termuda Jordi Alba 23 tahun rata-rata  berumur 27 tahun 3 bulan.

Di palang pintu terkahir, kiper Iker Casillas sebagai Kapten yang juga pemain Real Madrid dapat diandalkan selama ini, terbukti pada semi final bisa menyingkirkan Portugal pada adu penalti. Sebagai cadangan ada Victor Valdes kiper Barcelona dan Pepe Reina kiper Liverpool.

Lapangan belakang Spanyol mempunyai palang pintu back yang sangat disegani yaitu 3 pemain Real Madrid (Raúl Albiol,  Álvaro Arbeloa, Álvaro Arbeloa), 1 pemain Barcelona  ( Gerard Piqué), Athletico Madrid (Juanfran), Valencia (Jordi Alba)  dan Athletic Bilbao (Javi Martinez).

Kemampuan pemain spanyol sangat kuat di lapangan tengah dengan playmaker dan pemberi assist yang mumpuni sekolong langit saat ini, nama-nama yang bisa disebut adalah 3 pemain Barcelona (Andrés Iniesta, Xavi Hernández ,Sergio Busquets), Chelsea ( Juan Mata ), Real Madrid ( Xabi Alonso), Málaga (Santi Cazorla), Manchester City (David Silva), dan Jesús Navas (Sevilla).

Striker atau penyerang Spanyol menyiapkan 5 pemain yaitu Fernando Torres   ( Chelsea  30,9% jumlah goal/jumlah main), Fernando Llorente    (Athletic Bilbao 35%), Cesc Fàbregas  (Barcelona    14,7%), Pedro Rodríguez ( Barcelona 11,8%),  dan Álvaro Negredo (Sevilla,  50%). Dengan demikian paling tajam adalah Alvaro Negredo yaitu dari 12 kali main menggolkan 6 kali sedangkan paling kurang tajam Pedro Rodriguez yaitu dari 17 kali main 2 kali saja menggolkan.

Soal pemilihan pemain memang hak penuh ada di Vicente del Bosque, mantan pemain dan pelatih Real Madrid yang telah mengantarkan Spanyol jadi Juara Dunia 2010. Seperti misalnya meski penyerang tertajam Alvaro Negredo nampaknya Fernando Torres lebih banyak dipasangkan.

Demikian profil finalis Euro 2012 Spanyol.

Pos ini dipublikasikan di Polandia, sepak bola, Ukrania. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s