Portugal vs Spanyol : Ronaldo vs Juara Bertahan

4fef77d6bb839cb9eaadde8538323040_portugal_vs_spain_euro_2012-1

Pertandingan Portugal vs Spanyol sangat dinanti banyak pihak dalam semifinal Euro 2012. Dalam media dan favorit banyak pihak menjagokan Spanyol dapat mengatasi Portugal. Dalam kesempatan ini secara singkat akan saya bahas plus minus masing-masing kesebelasan tersebut :

Portugal bertumpu pada figur bintang terutama Ronaldo

Cristiano Ronaldo pemegang caps terbanyak ke-3 sepanjang sejarah protugal lebih dari 95 dengan 35 gol merupakan pemain inti Portugal pada team Euor 2012 ini. Pemain Real Madrid ini yang sebelumnya di Manchester United cukup berperan mulai dari babak group sampai menuju semi final. Dari 4 pertandingan sudah menceploskan 3 goal.

Sebetulnya selain Ronaldo masih banyak pemain Portugal yang bisa diandalkan diantaranya yg dari Real Madrid : Pepe dan Fábio Coentrão dan Pemain Manchester United ; Nani. Pemain-pemain lain juga sebenarnya cukup bisa diandalkan namun yang sering menjadi berita adalah nama-nama di atas.

Portugal Butuh bermain Dalam Team

Hal yang penting dalam permainan meski permainan beberapa pemain bintang cukup menonjol permainan diharapkan dalam team dan bukan permainan stu dua orang pemain saja. Jika dilakukan dalam permainan team bisa jadi Portugal bisa menjadi kuda hitam.

Spanyol Bertabur Pemain Gelandang

Sudah menjadi rahasia umum, Spanyol bertabur pemain gelandang atau yang memberikan assist (operan matang) pada striker (penyerang) yang akurasinya sangat baik di tingkat dunia yaitu : Xabi Alonso, Sergio Busquets, Iniesta dan Rajanya Xavi Hernandes. Gelandang yang disebut raja umpan ini sangat mempengaruhi dalam mengatur irama termasuk bertahan, mulai penyerangan dan umpan akhir sebelum terjadinya goal.

Gelandang pengumpan ini sangat penting dalam permainan tim di bola, selain pelatih, kiper, back (pemain bertahan) dan tentunya striker (penyerang).

Spanyol  Juara Bertahan Euro 2008 dan Piala Dunia 2010

Secara prestasi Spanyol telah menjuarai Euro 2 kali termasuk tahun 2008 dan Juara Piala Dunia 2010. Apalagi pemain yang bermain sekarang sebagian besar bermain untuk Euro 2008 dan Piala Dunia 2010. Dengan demikian merupakan winning team.

Di sisi lain beban berat buat Spanyol untuk mempertahankan Juara Bertahan karena berdasarkan statistik tidak pernah Juara Euro berturuan di satu negara.

Spanyol butuh kekompakan pemain Real Madrid dan Barcelona

Spanyol pilarnya banyak berasal Real Madrid (5) dan Barcelona (7) dari 23 pemain yang di bawa, dengan demikian kekompakan kedua klub ini harus di nomor satukan melupakan sejenak persaingan yang selama ini ada pada liga Spanyol. beberapa kali memang ini faktor plus minusnya namun Vicente del bosque sudah dipercaya dapat mengelola perbedaaan ini dan mengatasinya terbukti dari hasil Juara Euro 2008 dan Piala Dunia 2010.

Paulo Bento

Awalnya Morinho didapuk menjadi pelatih Portugal, sehubungan bossnya di Real Madrid berkeberatan terpilihlah Paulo Bento menjadi pelatih Portugal.

Paulo Bento ternyata pelatih yang bertalenta juga karena telah membawa Sporting menjuarai Portuguese Cup: 2006–07, 2007–08 dan  Portuguese Supercup: 2007, 2008, serta menjadi Runner Up Portuguese League Cup:  2007–08, 2008–09.

Prediksi

Pertandingan akan berlangsung sangat seru karena saat ini Team Portugal lebih solid dibanding Piala Dunia 2010, hal ini nampak tetap melajunya Portugal sampai semi final dan Christian Ronaldo menggolkan 3 dari 4 pertandingan. Selam bermain dalam team Portugal patut disegani.

Spanyol sang Juara bertahan tentunya akan berjuang habis-habisan dan tidak menyerah dalam mempertahankan martabat dan harga diri sebagai Juara Bertahan.

Pertandingan ini akan ramai. Selamat menonton.

Pos ini dipublikasikan di Polandia, sepak bola, Ukrania. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s