Susu : 5 Sempurna yang Sering Terlupakan

d1f57d8cac5998908fad2de4f9b8cffe_susu

Judul di atas mengingatkan saya pada pelajaran waktu sekolah dasar dulu, makanan yang dikonsumsi sebaiknya memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Pertama makanana pokok sumber tenaga, kedua lauk pauk, ketiga sayur dan keempat buah yang disebut 4 sehat, plus kelima susu menjadi 5 sempurna.

Saat ini sungguh memprihatinkan karena kita sering melupakan kelengkapan makanan ini. Seringkali hanya butir pertama (makanan pokok) dan kedua (lauk pauk) yang sering dikonsumsi. Untuk sayur dan buah seringkali terlupakan atau terlewatkan karena kesibukan dan alasan kepraktisan. Apalagi minum susu aduhh seringkali susahnya minta ampunn.

Khusus untuk susu adalah makanan yang sehat sejak bayi sampai usia lanjut. Bahkan makanan yang dikonsumsi pertama sejak lahir adalah susu. Awalnya kita minum ASI (Air Susu Ibu) mengandung arti susu sehat dan mengandung kandungan vitamin, mineral dan nutrisi yang diperlukan anak saat pertumbuhan. Banyak binatang mamalia pun dalam masa pertumbuhan menyusui dari induknya.

Sejak jaman dahulu sampai saat ini susu mempunyai peran penting dalam memberikan nutrisi untuk umat manusia. Dengan demikian setelah ASI, inovasi teknologi memungkinkan susu dikemas dalam berbagai bentuk mulai dari susu kental, susu bubuk dan kemasan terpadu dengan makanan. Bahkan dalam satu keluarga muda, pos pengeluaran yang tidak bisa ditawar dan sering punya porsi yang cukup besar adalah pembelian untuk susu anak dalam masa pertumbuhan. Saya beberapa kali melihat bahkan ada toko yang menjual khusus susu berbagai merk. Inovasi tentang porduk susu ini selalu berkembang untuk menjaga kandungan yang diperlukan dalam tubuh tetap terjaga, aman dan mudah dalam kemasan. Saat ini kemasan ada dalam kaleng besar, kaleng sedang, kaleng kecil, bungkus besar, bungkus sedang dan bahkan dalam bentuk sachet. Rata-rata bentuk isi susu adalah kental dan bubuk.

Sebagian besar susu yang dipasarkan di berbagai warung, toko, minimarket dan super market dapat sertifikat halal. Untuk lebih yakin silahkan melihat label halal dalam kemasan susu atau tanyakan pada hot line yang sering dicantumkan dalam kemasannya.

Memang sering menjadi keluhan orang tua anak bahkan untuk dewasa kesulitan dalam mendisiplinkan minum susu, padahal disadari banyak pihak susu mempunyai manfaat yang sangat besar. Secara umum perlu dibuat variasi dalam menyajikan susu dalam keseharian dengan idde bentuk-bentuk sajian susu seperti berikut :

  • Susu Hangat
  • Air Susu Dingin
  • Susu Coklat
  • Teh Susu
  • Roti Berlapis Susu Cair
  • Puding Susu
  • STMJ : Susu Telor Madu Jahe
  • Kopi Susu
  • Susu Soda Gembira
  • Bubur Kacang hijau Plus Susu
  • Kue Sus
  • Sop Buah Bertabur Susu Kental
  • Juice Buah (durian, melon, nangka dll) berpadu dg Susu
  • Ice Susu

Saat ini yang penting dalam hal menggerakkan untuk minum susu teratur sejak anak masa pertumbuhan sampai usia lanjut. Susu mempunyai kandungan zat-zat yang berguna buat pertumbuhan dan tubuh. Media sosial seperti blog, twitter dan faccebook saat ini mempunyai peran penting dalam memberikan edukasi tanpa henti akan manfaat minum susu ini. Khusus blog tentunya dapat memberikan informasi lebih lengkap karena punya banyak cara yang kreatif untuk memberikan informasi, pendapat, update informasi dan gerakan yang membuat umat manisaua makin sehat dan sejahtera.

Semoga sejak saat ini susu menjadi 5 sempurna yang tak terlupakan dan membuat semua jadi sehat.

Pos ini dipublikasikan di pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s