Blogger salah satu Agen Kemajuan dan Pendewasaan Bangsa

sawwah

Bangsa Maju, Sejahtera, Adil Merata dan Dewasa

Suatu kebahagiaan semua komponen bangsa terutama rakyat Indonesia jika menjadi bangsa yang maju, sejahtera, adil merata, dan dewasa. Kemajuan dan proses pendewasaan bangsa melalui banyak tantangan, gelombang kehidupan, pemahaman akan perbedaan, komunikasi interaktif dan proses tanpa hentisemua anak bangsa yang peduli pada masa depan bangsa Indonesia.

Menurut perkiraan lembaga investasi dan organisasi internasional, pada tahun 2030 Indonesia merupakan 7 kekuatan ekonomi dunia dan tahun 2050 merupakan 4 kekuatan ekonomi Indonesia setelah India, China dan Amerika Serikat. Pada saat kawasan eropa dan amerika serikat berjuang untuk terhindar dan lepas dari krisis akhir-akhir ini, secara fundamental ekonomi Indonesia sangat kuat dan siap menjadi negara maju. Banyak pihak di dunia ini melihat setelah India dan China tujuan investasi yang menarik di dunia ini adalah Indonesia.

Kemajuan dengan disertai pendewasaan bangsa akan dapat mempertahankan kemajuan tersebut dalam jangka panjang. Seperti halnya karakter dan kepribadian personal penting dalam masa proses memajukan diri dan karier, demikian juga dalam proses kemajuan bangsa diperlukan pendewasaan sebagai bangsa. Beberapa komponen karakter bangsa yang bisa digali yaitu budaya gotong royong, kekeluargaan, ramah tamah, penggalian budaya asli tiap daerah, bahasa, makanan, tempat wisata, adat dan prosesi lokal dan lain sebagainya.

laut1

Pentingnya Peran Serta Seluruh Komponen Bangsa

Peran serta semua pihak dalam proses kemajuan dan pendewasaan bangsa sangat penting, baik pemerintah, legislatif, yudikatif, seluruh komponen bangsa. Proses yang sedang berlangsung diperankan sesuai profesi, tugas dan talenta masing-masing anak bangsa berjuang secara profesional, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan. Salah satu peran penting atau agen penting adalah memberitakan, mempromosikan, memberikan opini dan saran, memberikan kontrol yang netral dan berimbang serta terutama memberikan pendidikan yang tepat untuk semua pihak. Peran dalam media tulis menulis ini selain dapat diemban akademisi, wartawan, penulis media cetak, penulis buku, juga dapat diperankan para blogger.

Blogger adalah penulis dalam media blog. Blog adalah merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

kiluan

Apa Sumbangan Blogger Indonesia ?

Apa saja yang bisa disumbangkan blogger dalam proses kemajuan dan pendewasaan bangsa ?

  • SEO : Search Engine Optimazion adalah proses optimasi suatu web/blog sehingga untuk keyword (kata kunci) tertentu akan menduduki 10 besar ranking hasil pencarian. Penulis blog akan sangat senang jika tulisannya menduduki rangking terbaik. Jika banyak blogger yang memprioritaskan tulisannya pada SEO selain kualitas tulisannya, tulisan blog akan banyak dibaca dengan demikian pesan sampai pada pembaca secara efektif.
  • Social Networking : Social Networking atau jejaring sosial baik melalui blog yang dipadukan dengan FB, twitter dan aplikasi jejaring sosial lain akan memudahkan pesan dalam tulisan blog tersampaikan dengan cepat, tersebar ke berbagai pihak dan bahkan bisa menjadi trending topics yang menggugah keinginan tahuan untuk dibaca banyak pihak.
  • Berita : Media berita yang biasa baik cetak atau via internet memang sudah banyak, namun demikian dalam hal-hal tertentu para blogger bisa menjadi penulis terdepan untuk hal-hal yang selama ini belum tersampaikan. Misalkan saja mempopulerkan makanan tempe bacem dan lain sebagainya. Salah satu tulisan berita yang saya tulis adalah Saya Tempuh Sukabumi Bogor 11 Jam dan diposting di group http://www.facebook.com/groups/335825560556/?ref=ts (Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Pembangunan Jalan Tol Ciawi – Sukabumi), serta disampaikan kepada pemangku kepentingan seperti departemen perhubungan melalui official website, anggota DPR khusus komisi dimaksud melalui message personal via FB dan twitter ternyata kemajuan pengerjaan Tol Ciawi – Sukabumi mulai dipercepat. Perihal aksi atas solusi kemacetan di sukabumi adalah hasil perpaduan usaha banyak pihak, tulisan di blog dimaksud hanya memberikan sedikit kontribusi bahwa kemacetan tersebut perlu diambil langkah untuk solusinya.
  • Promosi : Promosi melalui blog relatif murah dan dapat efektif jika diketahui caranya. Promosi ini merupakan media yang sangat baik buat tema, topik atau hal-hal luhur yang ingin disampaikan melalui tulisan blog. Misalnya untuk mempromosikan lokasi wisata ujung genteng saya menulis beberapa tulisan dan untuk keyword curug sukabumi tulisan saya masih menduduki 10 besar hasil pencarian. Bukankah ini satu bentuk promosi muah untuk ujung genteng ?
  • Opini dan Saran : Sangat penting bahwa pihak yang netral memberikan opini dan saran, seperti halnya perihal kemacetan Ciawi – Sukabumi saya telah tulis di atas, perihal sepak bola saya memberikan sedikit tulisan sebagai opini dan saran saya pada dunia persepakbolaan berikut diantaranya : Timnas Bola Belajarlah dari Levante, Mengapa Barcelona menjadi Klub Terbaik saat ini ?, Kuncinya Pengembangan Sepak Bola Nasional : Pendidikan Sejak Dini dan Harapan pada PSSI 2011 – 2015 yg dimotori Djohar Arifin & Farid Rahman. Anda sesuai kemampuan masing-masing tentu bisa memberikan opini dan saran berperan serta dalam proses memajukan dan pendewasaan bangsa ini.
  • Kontrol yang netral dan berimbang : Dalam banyak hal solusi terbaik adalah berasal dari pihak yang tidak mempunayi kepentingan sama sekali. Berikut adalah beberapa tulisan saya sebagai kontrol atas kondisi yang ada dan solusinya diantaranya tentang sepak bola dan keberagaman yaitu : Ada apa dengan PSSI, Jangan Bersedih dan Menangis Indonesia dan Mengekspor Indahnya Keragaman
  • Pendidikan Pendewasaan : Pendewasaan baik untuk pribadi atau bangsa adalah proses tanpa henti. Tulisan tentang ini bisa menjadi sedikit sumbangan, berikut satu diantaranya dalam tulisan saya : Berinternet Sehat Bisa Hidup Lebih Berkualitas

Berbahagilah para blogger Indonesia dapat mengekspresikan sesuai bakat, latar belakang dan kesukaannya buat seluruh pembaca media internet. Sekecil apapun tulisan yang dibuat namun ditulis dari hati, kesungguhan, berfikir positif untuk kemajuan, berdasarkan data rasional, berimbang, dan sesuai ekspresi masing-masing penulis tentu akan berguna.

Jika ada puluhan juta, jutaaan, ratusan juta atau hanya ribuan blogger menyatukan sikap untuk berperan serta dalam porses kemajuan dan pendewasaan bangsa ini, oo la la apapun yang didambakan bangsa Indonesia akan tercapai. Ekspresi Blogger Indoesia sungguh penting dalam hal ini.

Tulis dan ekspresikan sesuai gayamu untuk kehidupan Indonesia yang lebih baik.

Pos ini dipublikasikan di diary, indonesia, pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s