Bukan PNS dan Karyawan tak ber-Dana Pensiun, Tapi Punya Pensiun

Pernyataan di atas rasanya cukup aneh dan banyak pihak tidak tahu bahwa meski bukan PNS dan bukan karyawan berdana pensiun namun bisa merasakan pensiun. Awalnya saya merasa tidak tahu, tetapi ternyata apapun latar belakang kita karyawan kontrak, pengusaha, PNS bahkan karayawan ber-danapensiun pun bisa merencanakan untuk ada atau tambahan dana pensiun.

Namanya ikut DPLK atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan. Cukup banyak DPLK yang ada di Indonesia. DPLK merupakan iuran yang frekuensi, besarnya diserahkan pada peserta dan nanti ditentukan masa pensiun yang disepakati sehingga pada waktu tahun pensiun yang disepakati maka akan memperoleh semacam pensiun yang besarannya tergantung tabungan pensiun.

Dengan demikian semakin besar tabungan dan jangka waktu menabung maka besarnya pensiun akan makin besar. Jadi meski bukan PNS dan bukan karyawan ber-dana pensiun namun sekarang jika cermat dan cerdik merencanakan dana pensiun tetap bisa pensiun. Hubungi DPLK yang Anda tahui. Berikut link yang bisa diperoleh info tentang dana pensiun Mengenal Program Pensiun dan www.bapepam.go.id/dana_pensiun.

Selamat merencanakan pensiun Anda.

Pos ini dipublikasikan di pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s