Beberapa Tahun berturutan Miss Universe datang ke Indonesia

Miss Universe merupakan ajang pemilihan wanita tercantik sedunia, diadakan tiap tahun dimulai tahun 1952. Selain Miss Universe yang grand finalnya diadakan tanggal 12 September 2011 di Brazil, ada Miss World yang grand finalnya tanggal 6 November 2011 di London dimulai sejak 1951.

Ajang Miss Universe ini diikuti oleh hampir semua negara yang masing-masing diwakili 1 orang, diadakan tiap tahun. Negara yang berpartisipasi berkisar antara 75 sampai 85negara diselenggarakan oleh Miss Universe Organization, a Donald J. Trump and NBC Universal joint venture. Lima kota dan negara penyelenggara terakhir adalah sebagai berikut :

  • Las Vegas, Nevada (2010)
  • Atlantis, Paradise Island, Bahamas (2009)
  • Nha Trang, Vietnam (2008)
  • Mexico City, Mexico (1993, 2007)
  • Los Angeles, California (1990, 2006)

Sedangkan 5 pemenang terakhir adalah sebagai berikut :

  • Miss Universe 2010 : Ximena Navarrete
  • Miss Universe 2009 : Stefania Fernandez
  • Miss Universe 2008 : Dayana Mendoza
  • Miss Universe 2007 : Riyo Mori
  • Miss Universe 2006 : Zuleyka Rivera

Miss Universe diwakili oleh Pemenang Putri Indonesia tahun sebelumnya yang biasanya grand finalnya diadakan di bulan Oktober. Misalnya untuk Miss Universe 2011 ini, wakil Indonesia sudah dipilih dari Grand Final Puteri Indonesia yang diselenggarakan pada 8 Oktober 2010. Secara umum pemilihan tingkat daerah (provinsi) diadakan awal tahun sampai september tiap tahunnya, sedangkan untuk tingkat nasional sekitar awal Oktober.

Syarat untuk mengikuti Miss Universe adalah wanita, belum menikah, berumur maksimal berumur 18 sampai 27 tahun, artinya dalam seleksi nasional di Indonesia maksimal pada grand final bulan Oktober adalah berumur 26 tahun. Untuk mengetahui program book tiap tahun dapat dibeli secara on line via web site universe : Program Book Miss Universe. Untuk jadwal tiap daerah sekarang mulai diliput pihak televisi, untuk tahun 2011 ini sudah berlangsung dan sampai September 2011. Pemenangnya akan mewakili Indonesia di Miss Universe 2012.

Pemenang untuk Putri Indonesia 5 tahun terakhir adalah sebagai berikut :

  • Putri Indonesia 2010 : Nadine Alexandra Dewi Ames
  • Putri Indonesia 2009 : Qory Sandioriva
  • Putri Indonesia 2008 : Zivanna Letisha Siregar
  • Putri Indonesia 2007 : Putri Raemawasti
  • Putri Indonesia 2006 : Agni Pratistha

Ternyata hampir tiap tahun pemenang Miss Universe yang dipilih di tahun yang sama ada tahun berikutnya selalu diundang ke Indonesia untuk datang menghadiri pemilihan Puteri Indonesia. Selama 3 tahun terakhir, Dayana Mendoza, Stefania Fernandezdan Ximena Navarrete hany terlihat fotonya saja bahwa pernah datang ke Indonesia. Namun dalam blognya di www.missuniverse.comhanya Ximena Navarrete yang menuliskan tentang kesan-kesannya selama di Indonesia.

Berikut kesan-kesan Ximena Navarrete selama di Bali dan Indonesia :

  • Beautiful Bali: Bali, saya cinta Bali. Udaranya sangat sempurna. …. Tak bisa dipercaya betapa idnahnya pantai di Bali, jika Anda mencari tempat utnuk berlibur saya merekomendasikan untuk mengunjungi Indonesia.
  • Exploring Indonesia: Jumpa Kembali ! Minggu ini luar biasa. Saya menulis untukmu dari Indonesia. Saya benar-benar menikmatinya. Ini adalah negeri yang indah dengan kebudayaan yang sangat kaya. Saya sangat sibuk dengan berbagai macam agenda seperti kunjungan ke Kedutaan Amerika Serikatm pembukaan Expo Jakarta Tour dan Travel, kunjungan ke Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dan lain-lainnya. Agenda paling penting selama kunjungan ini adalah menghadiri Miss Indonesia Universe Pageant 2011 (Putri Indonesia 2010). Lebih dari 35 wanita cantik bersaing untuk menjadi pemenang dan semuanya melakukan dengan baik. Mereka semua mendapatkan pertanyaan yang sulit dalam banyak topik, tapi semua konsesta sangat pandai dan mempunyai persiapan ayng matang. Setelah acara ini saya relaksasi dengan dipijat (massage) yang mana diperlukan setelah bekerja keras selama minggu ini. Di sini, orang Indonesia membuat hasil karya tradisional disebut batik, yang sangat indah dan biasa digunakan untuk berpakaian. Hal lain yang sangat nikmat adalah kekayaan budaya akan makanan. Wow ! Rasanya terasa seperti makanan Mexico sebab di Indonesia banyak sekali chili (lada), seperti saya berada di rumah saja. Indonesia adalah benar-benar negara yang indah. Terdapat banyak tempat yang bisa dikunjungi dan banyak yang bisa dilakukan. Saya sudah tidak sabar untuk minggu berikut. Saya yakin saya akan penuh kejutan, jadi tetap baca tulisan inisehingga minggu depan saya akan cerita lebih banyak tentang negeri yang indah dan betapa ramahnya dan bersahabat orang Indonesia.
  • Goodbye Indonesia! Hope to see you soon.: Ini adalah minggu kedua dan terakhir saya di Indonesia. Saya telah mengunjungi banyak tempat dipelosok negeri ini seperti Solo dan Jakarta. Bagian paling berkesan dalam minggu ini adalah di tempat spa. Saya mempunyai waktu untuk relaksasi dan mendapatkan pemijatan. Wow! Orang Indonesia ramah dan menunjukkannya dengan saling memberikan bunga. Di tiap tempat saya diterima dengan baik dengan warna-warni bunga dan hadiah. Terima kasih banyak untuk bangsa Indonesia atas semuanya. Saya sangat suka semuanya. Terima kasih Indonesia, untuk menerima saya dengan ramah. Saya akan kehilangan tiap dari diri Anda. Saya harap saya mempunyai kesempatan kembali ke negeri yang indah ini segera.

Secara garis besar, dari sisi positif, keikut sertaan Indonesia di Miss Universe dan mendatangkan Miss Universe tiap kali pemilihan Putri Indonesia akan memberikan dampak yang positif buat pariwisata di Indonesia. Kata-kata Ximena Navarrete asal Mexico ini menjadi branding buat pariwisata Indonesia keseantero dunia karena dikenal hampir seluruh dunia paling tidak melalui media tersebut. Bagaimana kalau Indonesia berprestasi di Miss Universe ? Jawaban ada pada Anda masing-masing.

Pos ini dipublikasikan di diary. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

