Memperbesar Jaringan Pertemanan Online (Jejaring Sosial)

80b20475f74b27a3024b0b473608391d_jejeraing-sosial

Wah lama juga menggeluti pertemanan ( Jejaring Sosial) melalui online baik melalui pc, laptop, netbook, tablet, smartphone atau handphone yang menyediakan banyak sekali aplikasi untuk berteman.

Beberapa aplikasi yang diminati di Indonesia yaitu :

  1. facebook.com (2004) sosial media yang paling populer saat ini, didirikan oleh Mark Zukerberg, peringkat 2 dunia, 900 juta pengguna aktif, setengahnya menggunakan secara mobile, go public di Amerika pada 17 Mei 2012, dari total pengguna internet global 44% mengakses ke facebook, rata-rata mengunjungi selama 20 menit.
  2. twitter.com (2006), situs ini menggunakan sistem follow unfollow, dimana si pengguna dapat mengikuti status terbaru dari orang yang diikuti, dicreate oleh Jack Dorsey, peringkat 9 dunia, 500 juta pengguna aktif, dari total pengguna internet global 3,4% mengakses ke twitter paling tidak selama 7 menit.
  3. Blackberry Messenger (BBM), dikenalkan oleh Research in Motion, perusahan Kanada untuk komunikasi antar pengguna Blackberry secara khusus, menjadi sangat populer di Indonesia, ditambah ada group BBM, jatidiri berdsarkan pin yang melekat pada handset sehingga sering saling tukar nomor pin.
  4. yahoo messenger, merupakan alat chat yang cukup populer di Indonesia, bisa dipakai secara mobile di banyak handset sehingga alat ini berguna untuk salah chi chat (ngobrol via internet) yang sampai sekarang kadang sulit ditinggalkan meski applikasi lain memungkinkan untuk bisa chatting juag.
  5. yahoo group, yahoo group merupakan group yang bertahan paling panjang sejak bernama egroup dan dibeli yahoo, group ini masih sampai sekarang digunakan banyak komunitas untuk saling tukar informasi diantara anggota secara mudah dan cepat melali mailing list group yahoo.
  6. forum, banyak forum yang sekarang didirikan di Indonesia, hampir tiap super portal mempunyai forum untuk komunikasi diantara anggotanya misalnya ada detik forum, kaskus forum dan lain sebagainya. Anggota bisa otomatis tercatat dalam forum tersebut jia sudah member super portalnya atau perlu di-registrasi ulang lagi. Forum dimulai dengan saling komunikasi per tema, misalnya tentang program Java maka yang berminat akan memberikan komen balik tentang tema tersebut.
  7. friendster.com (2002) peringkat 374 dunia, situs jejaring sosial anak muda pertama sempat populer hingga kemunculan facebook mengganti popularitas friendster. Sayang saat ini telah lama ditinggalkan dan penggunanya hanya yang berminat untuk game meski portal game lain lebih populer.
  8. flickr.com (2004) peringkat 31 dunia, lebih kearah penyimpanan dan sharing foto secara online via chatroom. Ini portal yang menjadi pertemanan mulai dari foto.
  9. youtube.com (2005) peringkat 3 dunia, populer karena sharing video gratis secara online. Akses internet yang cepat sehingga memungkinkan sharing antar video, jadi jejaring media ini dimulai dari video sebagai tema utama yang contennya bervariasi.
  10. myspace.com (2006) peringkat 18 dunia, situs ini digunakan untuk mempromosikan musik band atau penyanyi baru, populer di Amerika dan Eropa tetapi di Indonesia kurang populer.
  11. linkedin.com (2003) peringkat 29 dunia, situs yang berorientasi pada bisnis jaringan, rata-rata CV eksekutif muda dan profesional di tampilkan di sini untuk mengenalkan secaa utuh perjalanan karier seseorang. Situs ini bisa menjadi ajang pencairan karyawan atau pencairan pekerjaan.

Apa manfaat dari sosial media ini, berikut beberapa diantaranya :

  • Teman real yang pernah face to face tatap muka bisa  komunikasi online,
  • di sini juga bertemu teman baru,
  • teman lama terhubung kembali,
  • kekeluargaan yang terjalin kembali,
  • muncul reuni macam-macam,
  • juga muncul komunitas dengan berbagai macam latar belakang mulai suka berkumpul,
  • menjadikan komunikasi instan tiap menit bisa saling menyapa meski berjauhan.
  • informasi cepat tersampaikan dengan cepat secara publik

Jadi sosial media merubah pandangan hidup dan cara berkomunikasi. Anda sudah memulai untuk menggunakannya ?

Selamat mencoba.

sumber : berbagai macam sumber, foto dari search engine google.

Pos ini dipublikasikan di diary. Tandai permalink.

9 Balasan ke Memperbesar Jaringan Pertemanan Online (Jejaring Sosial)

  1. fauzan79 berkata:

    Berantas korupsi, kemiskinan dan kebodohan bangsa ini dengan semangatnya anak – anak muda Indonesia.

  2. hlasmana berkata:

    Minta ijin mengumpulkan sumpah pemuda 2009 dblogger🙂

  3. Ping balik: » Sumpah Pemuda 2009 Bahasa Pemersatu

  4. ibprabowo berkata:

    Silahkan saja kalau Anda mau mengumpulkan tulisan ini ataupun semua tulisan saya via blog, titip link saya disertakan saja, terima kasih atas semua komen teman2 blogger

  5. hlasmana berkata:

    Saya ucapkan selamat karena tulisan ini telah terpilih dalam Seratus Postingan Terpilih Indonesia Satoe Blogdetik!🙂

  6. ibprabowo berkata:

    vanypoenya dan hlasmana (thx) selamat juga ya psotingan Anda terpilih juga

  7. Ping balik: piano song

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s