Mau Kuliah di UI : Simak UI aja

simak-ui

Kalau ingin kuliah di Universitas Indonesia (UI), salah satu jalur masuknya adalah Seleksi Masuk (Simak) Universitas Indonesia atau disingkat dengan SIMAK UI. Jalur masuk lainnya yaitu Seleksi Masuk Jalur PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar/PMDK) dan SNMPTN (Seleksi Nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri). Tulisan ini khusus membahas tentang SIMAK UI khusus untuk lulusan siswa/lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat. Untuk SNMPTN bisa diakses di http://snmptn.ac.id .

Mengapa UI ?

Secara nasional perguruan tinggi negeri seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada dan Institut Pertanian Bogor sering menjadi incaran dan dambaan banyak pelajar berprestasi untuk melanjutkan ke tingkat diploma dan sarjana.

Kuliah di Universitas bergengsi, ternama, dan ranking terbaik baik secara nasional dan ranking sangat baik secara internasional merupakan dambaan banyak pelajar. Sederhana saja yaitu kesempatan atau peluang untuk masa depan yang cemerlang menjadi di depan mata.

Sehubungan sejarah telah banyak mencatat Universitas Indonesia diantaranya usia perguruan tinggi negeri yang panjang, peringkat papan atas di nasional dan internasional, alumni yang memegang perna kunci di birokrasi dan usaha sendiri serta nilai plus-plus lainnya, sehingga persaingan untuk masuk ke hampir tiap jurusan di Universitas Indonesia (UI) sangat ketat. Persiapan harus dimulai sejak jauh-jauh hari, bahkan jika perlu mulai kelas 1 SMA/SMK/MA/Sederajat. Jika perlu dipersiapkan sejak SLTP. Namun demikian untuk pelajar yang berprestasi, otak encer dan mempunyai kebiasaan belajar dengan usaha terbaik persiapan menjadi lebih ringan. Parameter tingkat persaingan dibandingkan pelajar lain yang akan masuk bisa diuji coba dari try out SIMAK UI dan atau SNMPTN yang banyak diadakan di kota-kota besar atau bahkan secara online, banyak diselenggarakan bimbingan belajar, sekolah atau kelompok sosial tertentu.

Jurusan di UI ?

Dengan sekali ujian SIMAK-UI, siswa SMA/Sederajat dapat memilih S1 Reguler, Vokasi (D3), S1 Paralel, atau S1 Kelas Khusus Internasional (KKI).

S1 Reguler

Vokasi (D3)
Program Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global. Program ini membuka kesempatan bagi lulusan SMA/Sederajat (tanpa batasan usia dan tahun lulusan) yang ingin melanjutkan pendidikan dengan kurikulum berbasis keahlian profesi. Biaya pendidikan di program Vokasi telah mendapat subsidi Universitas, namun tidak ada BOP-Berkeadilan.

S1 Paralel
Program S1 Pararel diadakan untuk membuka kesempatan bagi lulusan SMA/Sederajat (tanpa batasan usia dan tahun lulusan) yang ingin melanjutkan pendidikan dengan kurikulum berbasis keilmuan. Kurikulum, fasilitas maupun tenaga pengajar sama dengan program pendidikan lainnya di UI. Biaya pendidikan S1 Paralel tetap mendapat subsidi Universitas, namun tidak ada BOP-Berkeadilan.

S1 Kelas Khusus Internasional (KKI)
Adalah program pendidikan yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan. Program ini diselenggarakan oleh Universitas Indonesia atas dasar adanya kerjasama antara Universitas Indonesia dengan mitra Perguruan Tinggi di luar negeri yang memiliki reputasi internasional dan telah memperoleh akreditasi di negaranya.

  • Gelar Tunggal, adalah program KKI yang memiliki kurikulum khusus dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan atau pengalaman magang di universitas mitra di Luar Negeri selama beberapa bulan. Mahasiswa hanya akan memperoleh gelar kesarjanaan dari UI.
  • Gelar Ganda, adalah program KKI yang memiliki kurikulum khusus dengan memberi kesempatan mahasiswa untuk menempuh studi di UI dan di Universitas Mitra UI dengan skema masa studi di universitas mitra di Luar Negeri selama 2-4 semester. Mahasiswa akan memperoleh gelar kesarjanaan dari UI dan dari Universitas Mitra UI sekaligus.

Dengan sejumlah disiplin ilmu yang tercakup dalam tiga rumpun keilmuan yaitu

  1. Sains teknologi (Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik dan Ilmu Komputer),
  2. Ilmu sosial – humaniora (Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Sosial Ilmu Politik, Psikologi dan Ilmu Budaya),
  3. Ilmu kesehatan (Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat).

Jurusan : http://simak.ui.ac.id/profil-prodi

Fakultas Matematika dan IPA : http://www.sci.ui.ac.id/

Teknik http://www.eng.ui.ac.id/

Ilmu Komputer http://www.cs.ui.ac.id/lang/id/

Ekonomi http://www.fe.ui.ac.id/

Hukum http://law.ui.ac.id/

Ilmu Sosial Ilmu Politik http://www.fisip.ui.ac.id/

Psikologi http://www.psikologi.ui.ac.id/

Ilmu Budaya http://www.fib.ui.ac.id/?lang=

Fakultas Kedokteran http://www.fk.ui.ac.id/

Fakultas Kedokteran Gigi http://www.fkg.ui.ac.id/

Fakultas Ilmu Keperawatan http://www.fik.ui.ac.id/

Fakultas Kesehatan Masyarakat http://www.fkm.ui.ac.id/

Bagaimana Pemilihan Jurusan ?

Sebelum memilih jurusan hal terpenting adalah prioritas pilihan pribadi yang dipilih berdasarkan kemampuan, masa depan karier, tingkat kompetensi pelajar saat ini dan tentunya keinginan terdalam diri pribadi (belum tentu sama dengan pilihan keluarga dan teman). Memilih bersaing dalam ujian masuk UI berarti telah punya keyakinan bahwa porsentase kemungkinan untuk masuk besar dan atau keyakinan bahwa dalam waktu yang tersisa porsentase keberhasilan mencukupi. Prestasi selama di bangku SMA, tingkat kecerdasan, pendidikan yang diterima selama ini dan mental untuk bersaing mempengaruhi keberanian seorang pelajar memilih untuk ikut ujian masuk UI.

Kemampuan merupakan kumulatif atas kebiasaan, pengetahuan dan pengalaman yang dibina selama ini bahkan mungkin telah dipupuk sejak dini. Seorang yang bercita-cita mendalami ekonomi tentu akan memupuk kemampuan sekitar ekonomi yang memungkinkan nanti memilih jurusan akuntansi, manajemen atau ekonomi. Sedangkan yang mendalami tentang hak dan kewajiban warga negara dan tentang keadilan ditegakkan bisa memilih jurusan hukum dan sebagainya.

Masa depan karier dapat diperoleh dari kerabat, saudara atau alumni jurusan yang dipilih dalam hal mengembangkan karier baik sebagai karyawan, birokrat, pendidik, profesional atau wirausaha yang jauh-jauh hari telah dikumpulkan sehingga pemilihan jurusan tidak membuat kecewa.

Tingkat kompetensi jurusan dapat dilihat dari perkiraan jumlah yang ikut ujian dan daya tampung masing-masing jurusan. Misalnya 10 : 1 artinya dari 10 peserta yang memilih jurusan A tersebut hanya diterima 1 orang. Tentunya kompetensi makin ke

Jalur Masuk UI ?

Untuk masuk UI ada 3 jalur yaitu :

  1. Seleksi Masuk Jalur PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar/PMDK) untuk Program S1 Regular, S1 Kelas Internasional dan Vokasi. Sekolah yang memenuhi syarat diundang untuk mengirimkan siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi PPKB.
  2. Seleksi Masuk Jalur SIMAK untuk Program S1 Regular, S1 Paralel, S1 Kelas Internasional dan Vokasi (D3), dilaksanakan secara nasional serentak di kota-kota besar di Indonesia. SIMAK bukan jalur mandiri, karena besarnya Biaya Pendidikan telah ditetapkan sesuai SK Rektor (lihat BP). Khusus untuk S1 Reguler tersedia BOP Berkeadilan (Biaya pendidikan minimal Rp 100.000/semester dan Uang Pangkal NOL, bergantung pada kemampuan orangtua). Dengan sekali ujian, siswa SMA dapat memilih max 8 Program Studi di 4 Program Pendidikan. Seleksi direncanakan akan dilakukan tanggal 3 Juli 2011 di beberapa kota besar seperti Jakarta, Jogjakarta, Padang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Samarinda. Pendaftaran dilakukan secara online di http://penerimaan.ui.ac.id yang direncanakan tanggal 3 – 24 Juni 2011.
  3. Seleksi Masuk Jalur SNMPTN yang terdiri dari jalur undangan dan jalur ujian. Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN dapat dilihat di http://snmptn.ac.id/

SIMAK UI

Seleksi Masuk (SIMAK) Univ. Indonesia adalah pola seleksi yang tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial dan tingkat kemampuan ekonomi. SIMAK-UI adalah seleksi masuk untuk jenjang program S1 Regular, Vokasi (D3), S1 Paralel dan S1 Kelas Khusus Internasional (KKI), S2, S3, Profesi dan Spesialis secara bersamaan. Dalam upaya pemerataan kesempatan belajar di UI, maka SIMAK-UI dilaksanakan secara serentak, sehingga siswa atau siapapun yang ingin masuk UI dapat mengikuti seleksi di beberapa lokasi kota terdekat dengan tempat tinggalnya (Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Samarinda), tanpa harus datang ke Depok. Untuk TA 2011/2012, mengikuti Permendiknas 34/2010, maka SIMAK-UI direncanakan tanggal 3 JULI 2011.

Ringkasan Proses Pendaftaran SIMAK UI dan Pengumumannya

Pendaftaran 3 – 24 Juni 2011 online di http://penerimaan.ui.ac.id

Ujian 3 Juli 2011 di beberapa kota besar di Indonesia

Tahap Pendaftaran:

  1. Membuat account di situs Penerimaan UI
  2. Membuat pendaftaran
  3. Meng-upload foto berwarna ukuran digital (minimal) 400 : 600 pixel
  4. Membayar biaya pendaftaran (Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload foto .)
  5. Formulir pendaftaran dan pilihan program studi tidak dapat diubah lagi setelah Anda membayar biaya pendaftaran.
  6. Meng-upload berkas persyaratan pendaftaran
  7. Meng-download kartu ujian masuk (Kartu ini harus dibawa ketika ujian seleksi masuk)
  8. Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan
  9. Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman

Sumber dan lengkapnya : http://simak.ui.ac.id/tentang-simak/arsip-berita/385-simak-ui-3-juli-2011?start=2

Biaya Ujian SIMAK UI

Biaya Pendaftaran sebesar Rp.200.000,- untuk 2 pilihan program studi (IPA saja atau IPS saja)
– Terdapat biaya tambahan Rp.50.000,- jika tercatat memilih program studi IPA dan IPS sekaligus (IPC)
– Terdapat biaya tambahan Rp.50.000,- untuk setiap penambahan pilihan program studi/jurusan
– Terdapat biaya tambahan Rp.750.000,- jika memilih program studi Kelas Khusus Internasional

Hanya dengan satu kali ujian dalam SIMAK UI, peserta dapat memilih satu hingga empat Program Pendidikan yang terdiri dari Vokasi (D3), S1 Reguler, S1 paralel, S1 Kelas Khusus Internasional, dengan ketentuan:
– Vokasi (D3) maksimal 3 pilihan program studi
– S1 reguler maksimal 3 pilihan program studi
– S1 paralel maksimal 3 pilihan program studi
– S1 Kelas Khusus Internasional (KKI) maksimal 1 pilihan program studi

Lokasi dan Daya Tampung

Lokasi ujian SIMAK UI diselenggarakan di kota-kota berikut :

Jawa –> Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya
Sumatera –> Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru
Sulawesi –> Makassar
Kalimantan –> Samarinda

Mengikuti Permendiknas 34/2010, maka daya tampung S1 Regular di SIMAK-UI akan berkisar 15-25%. UI menerima mahasiswa S1 Regular melalui SNMPTN jalur undangan sekitar 55-65% (pemberitahuan undangan oleh SNMPTN namun evaluasi dan penentuan ditentukan UI sama seperti jalur PPKB/PMDK), sedangkan sisanya 20% melalui SNMPTN jalur ujian tulis.

Daya tampung program studi yang ada di SIMAK UI, termasuk ada persaingannya (keketatannya yaitu jumlah yg ujian dibanding daya tampung tahun lalu)

Jadwal SIMAK UI
Pembayaran biaya pendaftaran 03 – 24 Juni 2011
Periode upload dokumen persyaratan pendaftaran 03 – 24 Juni 2011
Periode pendaftaran secara online (mengisi formulir pendaftaran) 03 Juni 2011 jam 13:00 – 24 Juni 2011
Pencetakan kartu tanda peserta ujian 13 – 24 Juni 2011
Ujian saringan masuk 03 Juli 2011
Pengumuman hasil seleksi masuk 24 Juli 2011

UI bukan jalur Mandiri

UI memang mengkhususkan diri untuk seleksi makasiswa baru bukan jalur mandiri. Artinya besarnya uang masuk, semesteran dan biaya lainnya sudah ditentukan dan bahkan dibuka secara umum. Bahkan bisa dimungkinkan semesterannya Rp. 100 ribu dan uang pangkal NOl untuk yang berprestasi bisa masuk dan tidak berkemampuan.

Semesteran maksimal Rp. 5 juta untuk IPS dan Rp. 7,5 juta untuk IPA serta uang pangkalnya maksimal Rp. 25 juta yang secara detail dibuka secara umum.

Informasi Penting Tentang UI dan SIMAK UI

UI :

Universitas Indonesia : http://www.ui.ac.id/

UI bukan jalur Mandiri http://simak.ui.ac.id/tentang-simak/arsip-berita/376-simak-bukan-jalur-mandiri

Jalur Masuk UI : http://simak.ui.ac.id/tentang-simak/arsip-berita/375-jalur-masuk-ui

Biaya Pendidikan : http://www.ui.ac.id/id/admission/page/biaya-pendidikan atau http://simak.ui.ac.id/tentang-simak/arsip-berita/399-biaya-pendidikan-univ-indonesia

SIMAK UI :

Ringkasan Pendaftaran SIMAK UI : http://penerimaan.ui.ac.id/id/period/index/461

Informasi Seleksi Masuk (SIMAK) UI : http://simak.ui.ac.id/

SIMAK UI khusus yg 3 Juli 2011 : http://simak.ui.ac.id/tentang-simak/arsip-berita/385-simak-ui-3-juli-2011

Pendaftaran dan Lihat Hasil Seleksi http://penerimaan.ui.ac.id/id

Jadwal penerimaan Masuk UI : http://simak.ui.ac.id/tentang-simak/arsip-berita/383-jadwal-penerimaan-mahasiswa-baru-ta-20112012

Passing Grade :

http://penerimaan.ui.ac.id/forum/index.php?action=vthread&forum=13&topic=108

http://penerimaan.ui.ac.id/forum/index.php?action=vthread&forum=1&topic=1444

Passing Grade dari sumber lain :

http://seleksiptn.com/simakui/index.php?page=passing_grade

http://www.30bisa.co.cc/2010/02/passing-grade-simak-ui-2010.html

Semoga informasi tersebut bisa berguna, dan buat pelajar yang bermaksud mengikuti SIMAK UI pertimbangkan dengan matang dalam memilih jurusan dan persiapkan dengan sebaik-baiknya karena UI sebagai universitas dengan minat yang sangat ketat persaingannya dibutuhkan persiapan yang sangat matang.

Sumber : http://snmptn.ac.id/, http://www.ui.ac.id/, http://seleksiptn.com, http://www.30bisa.co.cc


Pos ini dipublikasikan di pendidikan. Tandai permalink.

9 Balasan ke Mau Kuliah di UI : Simak UI aja

  1. fauzan79 berkata:

    Berantas korupsi, kemiskinan dan kebodohan bangsa ini dengan semangatnya anak – anak muda Indonesia.

  2. hlasmana berkata:

    Minta ijin mengumpulkan sumpah pemuda 2009 dblogger🙂

  3. Ping balik: » Sumpah Pemuda 2009 Bahasa Pemersatu

  4. ibprabowo berkata:

    Silahkan saja kalau Anda mau mengumpulkan tulisan ini ataupun semua tulisan saya via blog, titip link saya disertakan saja, terima kasih atas semua komen teman2 blogger

  5. hlasmana berkata:

    Saya ucapkan selamat karena tulisan ini telah terpilih dalam Seratus Postingan Terpilih Indonesia Satoe Blogdetik!🙂

  6. ibprabowo berkata:

    vanypoenya dan hlasmana (thx) selamat juga ya psotingan Anda terpilih juga

  7. Ping balik: piano song

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s