Mau kuliah tapi kerja ? UT (Universitas Terbuka) Aja

Belajar adalah proses yang perlu dijalani seumur hidup. Alasan klise saat ini pendidikan saat ini meemerlukan biaya alias mahal. Sebagian besar keluarga dan pemuda di Indonesia merasakan bahwa pendidikan yang diperlukan hanya sampais ekolah menengah tingkat pertama. Selanjutnya bekerja atau langsung menikah. Buang waktu dan uang jika diteruskan dengan pendidikan tingkat lebih tinggi atau tingkat universitas.

Apalagi biaya sekolah makin tinggi makin mahal. Konsekuensi atas pola pikir ini ada dua yaitu pendapatan dari pekerjaan yang murah dan keterbatasan pengembangan diri karena rendahnya pendidikan formal. Memang pendidikan dalam hal pengetahuan dan ketrampilan bisa ditempuh dengan jalur lainnya. Namun demikian berdasarkan pengamatan penulis probabilitas untuk berhasil dan usaha yang diperlukan lebih keras lagi untuk mencapai tingkatan lebih baik jika dibandingkan pengembangan diri dari pendidikan formal.

Berbahagialah bangsa Indonesia karena sejak 1984 didirikan universitas terbuka yang bisa ditempuh sambil bekerja, mahasiswa Universitas Terbuka sebagian waktu belajarnya secara mandiri.Kelebihan universitas terbuka dibandingkan universitas seperti biasa yaitu :

  • tak ada pembatasan waktu penyelesaian studi
  • tak ada sistem drop out;
  • tak ada pembatasan tahun kelulusan SMA dan umur;
  • waktu pendaftaran sepanjang tahun
  • ruang, waktu, dan tempat belajar fleksibel di manapun mahasiswa tinggal
  • materi belajar menggunakan multimedia, bahan belajar cetak, kaset audio, video/CD, CD-ROM, siaran radio dan TV, dan belajar berbasis komputer dan internet.

Mahasiswa pada tahun November 2010 lebih dari 600.000, dengan demikian Universitas Terbuka (UT) tergolong dalam The Top Ten Mega University of the World. Patut dibanggakan UT sekaligus salah satu pendiri The Global Mega-University Network (GMUNET) yang didirikan pada tahun 2003. Sebagai hal penting yang patut dicatat UT adalah Universitas dalam kelompok Perguruan Tinggi Negeri.

Berdasarkan fakultas terbesar FKIP Pendas 485 ribu, FISIP 74ribu, FKIP Non-Pendas 21 ribu, FEKON 21 ribu, FMIPA 4 ribu dan Pascasarjana seribu. Sedangkan untuk penyebaran mahasiswanya 40% (244ribu) dari pulau jawa, 27% (166ribu) pulau sumatera, 13% (78ribu) sulawesi dan 11% (63ribu) Kalimantan. Dalam hal status pekerjaan 80% (485ribu) guru, 8% (47ribu) karyawan swasta, 5% (29 ribu) tidak bekerja, 4% (26ribu) PNS Non Guru dan sisanya lain-lain.

UT telah mendapatkan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional. Secara internasional, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT telah mendapatkan ISO dan SGS 9001:2000 dalam berbagai bidang dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS. Di samping itu, sebagian besar program studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT).

Selain ada program sertifikat, Diploma 1 sampai 4, berikut pendidikan sarjana strata 1 dan pasca sarjana yang bisa ditempuh di UT :

Sarjana Strata 1 (S1)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP) : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini(PGPAUD)
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik(FISIP) : Administrasi Negara, Administrasi Niaga, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Sosiologi,Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan
Fakultas Ekonomi(FEKON) : Ekonomi Pembangunan,Managemen, Akuntansi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(FMIPA) : Matematika, Statistika, Biologi, Agribisnis Bidang Minat Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian/Peternakan/Perikanan, Ilmu dan Teknologi Pangan

Program Pascasarjana(Pasca) : Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik, Manajemen, Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan, dan Pendidikan Matematika

Sungguh suatu kesempatan buat karyawan swasta, PNS, TNI-Polri, Guru bahkan yang masih belum bekerja yang bisa menempuh pendidikan di Universitas Terbuka dari temp[at masing-masing di seluruh pelosok Indonesia dengan belajar jarak jauh baik untuk meningkatkan keilmuan, meningkatkan karier, meningkatkan pendapatan dan kesempatan pribadi lain dengan menempuh pendidikan di UT yang fleksibel dari sisi tempat belajar, waktu dan biaya.

Untuk lebih lengkap informasi dapat diperoleh di http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_terbuka dan di http://www.ut.ac.id/ serta dicari dari http://www.google.com dengan mengetikan pencarian yang dimaksud misalnya ut, universitas terbuka, ut di purwokerto dan lains ebagainya.

Selamat mencari dan semoga dengan pendidikan di ut makin banyak yang mempunyai kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi. Semoga

Pos ini dipublikasikan di pendidikan. Tandai permalink.

10 Balasan ke Mau kuliah tapi kerja ? UT (Universitas Terbuka) Aja

  1. tayuza berkata:

    iya..
    nurdin gayus..
    sama” cacad wkwkwk..

  2. dierdzarghifari berkata:

    cocok dipasangkan menjadi calon presiden dan wapres di negara nusakambangan.

  3. hardiyanto berkata:

    Nurdin Gayus Bin Halid Tambunan

  4. husin berkata:

    enak jg jadi orang top ya,….

  5. ahmadmusyrifin berkata:

    wakakakakk kalo otak bisnis semua bisa jadi…….
    =================
    iklan aneh: hadiah langsing

  6. Dycha berkata:

    keywordz aku hari ini yang menjadi “nomor 1” dan “halaman pertama” google adalah :

    “tupperware promo maret 2011”

    nggak percaya…??? coba aja copas keyword itu ke kotak searching google, pasti yang muncul Blog ini….

    Hehehehehee…..đŸ˜€

  7. maap berkata:

    napi dan mantan napi yang sakti (yang satu bisa jalan jalan saat jd napi yang satu bisa menguasai pssi)
    masuklis

  8. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  9. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s