Mengenal Alfred Riedl, Pelatih Kesebelasan Nasional dan Tim U-23

img00202-20101229-1755

Data Diri ringkas Alfred Reidl

Alfred Riedl adalah pelatih sepak bola beberapa klub dan negara termasuk Indonesia, sebelumnya berprofesi sebagai pemain sepak bola selama 24 tahun, bahkan mulai berkarier di sepak bola sejak umur 12 tahun. Lahir di Vienna sebagai warga negara Austria pada 2 November 1949.

Pria bertinggi badan 184 cm ini semasa menjadi pemain pernah mencapai predikat Top Goal Scorer pada Austrian Bundesliga tahun 1972 dan dua kali Top Scorer di Belgian First Division tahun 1973 dan 1975. Sayangnya sebagai pelatih prestasi yang perlu dikenang adalah mengantarkan Indonesia menjadi runner-up piala AFF 2010.

Saat tulisan ini dibuat berstatus sebagai pelatih Tim Nasional Indonesia U-23 . Satu yang selalu diingat tentang profil Riedl adlah orangnya tegas, memperhatikan hal-hal yang kceil-kecil dan berusaha mentaati peraturan sepak bola dari FIFA serta selalu bersikap optimis.

Insting sebagai Striker

Sebagai pemain sepak bola yang mulai merumput sejak umur 12 tahun, yaitu tahun 1961 dan pensiun apda umur 36 tahun atau tahun 1985, sangat lama menjaedi pemain yaitu total dalam rentang 24 tahun. Pengalaman sebagai pemain selama 24 tahun ini tentunya membekali banyak hal sebagai pelatih kemudian.

Sebagai pemain senior sepak bola Riedl berganti pada 8 klub beberapa diantaranya Austria Wien, FC Antwerp dan VfB Modling. Cukup mengherankan bahwa dari 427 kali main 210 mencetak gol, atau setiap 2 kali main pasti mencetak 1 gol. Prestasi yang luar biasa, bahkan sampai tahun 1976 insting pencetak goalnya sebesar 60%. Jadi Alfred Riedl sejak mulai bermain bola sampai pensiun spesialisasinya adaklah striker.

Sayangnya di Tim nasional Austria sejak tahun 1975 samapi 1978 hanya pernah main 4 kali tanpa menggolkan satu kalipun.

Jam terbang Kepelatihan

Jam terbang menjadi pelatih lebih bervariasi, selama 20 tahun menjadi pelatih singgah pada 12 kesebelasan termasuk 6 negara yang dilatihnya yaitu Vitenam (3 kali), Austria, Palestina, Laos, Liechtensien dan terakhir Indonesia. Apakah karena tidak ada data, prestasi selama menjadi pelatih yang tercantum adalah mengantar Indoensia menjadi Runner Up AFF 2010. Sehubungan prestasi ini tetap dipertahankan untuk melatih Tim Nas U 23 dan Tim Olimpiade.

Karier kepelatihannya dimulai apda saat bulan September 1990 sampai Oktober 1991 ditunjuk menjadi pelatih tim nasional Austria. Sejak itu hampir tiada henti selama 20 tahun menjadi pelatih bahkan di enam negara tersebut. Vietnam bahakan menunjuknya selama 3 kali yaitu 1998 – 2001, 2003 – 2004 dan 2005 – 2007.

Prestasi sebagai Pemain dan Pelatih

Kembali ke perihal prestasi, insting sebagai strikernya mencapai ukuran 60% artinya dari 10 kali main 6 kali menggolkan, atau lebih dari 2 kali main pasti menggolkan satu bola ke gawang lawan. Hal inilah yang membuat Alfred Riedl mencapai predikat Top Goal Scorer pada Austrian Bundesliga tahun 1972 dan dua kali Top Scorer di Belgian First Division tahun 1973 dan 1975. Bandingkan Lionel Messi yang menjadi pemain terbaik versi FIFA tahun 2009 dan 2010 ketajamannya sebagai striker di klub sebesar 63% di newells Old Boys dan barcelona, bahakan ketajamannya di Tim nasional Argentina hanya 35%.

Sebagai pemain memang Riedl patut diacungi jempol, sebagai pelatih perjalanannya cukup panjang meski 3 kali slelau diplih menjadi pelatih tim nas Vietnam, dipilih oleh 6 negara dan terakhir Indonesia diantarkannya menajdi Runner Up AFF 2010 yang dramanya cukup mengharukan dan membalik penduduk Indoensia yang semula cuek akan bola menjadi tertarik kembali akan bola. Sihir bola kembali bangkit di hati penduduk Indoensia setelah Riedl memoles bersama timnya pemain bola, pelatih dan tetek bengeknya menjadi incaran media.

Setelah mengantarkan Indoensia menjadi Rennrup Up AFF 2010 tentunay timnya baik Tm Nas U 23 atau Tim Olimpiade akan memberikan sihir bola yang lebih lagi buat pencita bola seluruh Indonesia. Penonton Indonesia yang dijuluki paling loyal dan rame ke-3 sedunia akan sangat berterima kasih apabila disuguhkan prestasi yang lebih baik. Mungkin inilah yang akan menjadi spirit baru nasionalisme yang dibangkitkan kembali.

Merdeka.


Pos ini dipublikasikan di sepak bola. Tandai permalink.

10 Balasan ke Mengenal Alfred Riedl, Pelatih Kesebelasan Nasional dan Tim U-23

  1. lombardo berkata:

    terkadang itu semua hanya politik belaka..

    boleh minta komennya di blog saya??
    http://lombardo.blogdetik.com/2011/02/21/ballpen-sederhana-berteknologi-baru-dan-berkualitas/

  2. dierdzarghifari berkata:

    cocok dipasangkan menjadi calon presiden dan wapres di negara nusakambangan.

  3. hardiyanto berkata:

    Nurdin Gayus Bin Halid Tambunan

  4. husin berkata:

    enak jg jadi orang top ya,….

  5. ahmadmusyrifin berkata:

    wakakakakk kalo otak bisnis semua bisa jadi…….
    =================
    iklan aneh: hadiah langsing

  6. Dycha berkata:

    keywordz aku hari ini yang menjadi “nomor 1” dan “halaman pertama” google adalah :

    “tupperware promo maret 2011”

    nggak percaya…??? coba aja copas keyword itu ke kotak searching google, pasti yang muncul Blog ini….

    Hehehehehee…..😀

  7. maap berkata:

    napi dan mantan napi yang sakti (yang satu bisa jalan jalan saat jd napi yang satu bisa menguasai pssi)
    masuklis

  8. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  9. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s