Pesona Kawah Putih Nan Eksotis

suasana kawah putih, gunung patuha, bandung selatan

suasana kawah putih, gunung patuha, bandung selatan

Perjalanan wisata kali ini adalah mengunjungi kawah ke kawah. Rencana liburan singkat Sabtu dan Minggu kami isi dengan mengunjungi Kawah Putih dan Kawah Tangkuban Perahu. Keduanya di Bandung, jarak yang sekarang cukup dekat hanya 2 jam perjalanan plus plus dari Jakarta. Jadi kami sejak awal yakin 2 hari itu bisa diisi dengan berwisata mountain to mountain secara penuh keduanya bisa didatangi.

O la la ternyata kami hanya bisa mendatangi satu kawah saja yaitu Kawah Putih. Terlalu dipaksakan apabila perjalanan wisata yang enjoyy mengunjungi tempat wisata alam di dua tempat yang berdekatan ini. Ceritanya kami memang sampai ke Kawah Putih, menginap di Bandung Utara, terdampar di Kampung Gajah dan sehubungan hujan kunjungan ke Tangkuban Perahu dibatalkan.

Gerbang kawah Putih

Gerbang kawah Putih

Sejarah Kawah Putih

Kawah Putih merupakan salah satu kawah selain Kawah Saat yang berada di lokasi Gunung Patuha. Keangkerannya sudah menjadi pembicaraan dari mulut ke mulut. Ada bermacam penampakan di sekitar daerah itu seperti domba berbulu putih dan macan putih. Sehingga masyarakat enggan untuk mendatangai tempat tersebut.

Awalnya mencari tahu alasan burung enggan mendatangi daerah Kawah Putih, namun tahun 1837 , seorang peneliti botanis Belanda kelahiran Jerman, Dr Franz Wilhelm Junghun (1809-1864) justru menemukan 2 hal. sebuah pemandangan yang sangat indah dan sampai saat ini menjadi pilihan untuk wisata, lokasi shooting, foto pre wedding atau melihat kebesaran pencipta, yaitu Kawah Putih. Kedua penemuan belerang yang menyebabkan burung enggan terbang ke daerah tersebut, bahkan kemudian menjadikan cikal bakal dibangunnya pabrik belerang pada jaman Belanda dan Jepang. pakah pabrik tersebut masih ada sampai saat ini, saya belum mengkonfirmasikan kebenarannya ?

Penemuan tahun 1837 tersebut baru mulai serius digali menjadi objek wisata sejak 1987 dikembangkan oleh PT Perhutani (Persero) Unit III Jabar dan Banten.

Kawah Putih

Kawah Putih

Perjalanan Jakarta Bandung

Perjalanan dari Jakarta sengaja kami setting berangkat pada pagi-pagi jam 6.00 pagi supaya sampai di Kawah Putih masih pagi. Wisatawan dianjurkan hanya boleh berada di sekitar kawah maksimal 30 menit dan sore jam 16.00 kawasan ditutup. Ada batasan tertentu manusia menghirup gas dari kawah yang membahayakan dan sore hari ditutup dimaksudkan kemungkinan terkepung gas yang membahayakan atau kemungkinan hewan-hewan berkeliaran seperti babi hutan, kijang dan monyet.

Perjalanan tercepat memang melewati Tol Dalam Kota, melewati Tol Cikampek tembus ke Tol Padalarang Cileunyi. Keluar Tol di gerbang tol Kopo, kendaraan diarahkan ke arah selatan menuju Ciwidey. Silahkan tanya warga Bandung yang ramah-ramah tujuan Kawah Putih akan ditunjukkan dengan senang hati. Total waktu perjalanan dengan mobil pribadi sekitar 4 sampai 5 jam dari Jakarta.

Untuk yang berencana ber-backpacker ria silahkan cari alternatif pilihan ke Bandung, bisa naik bis ke terminal bis Leuwi Liang, Kereta Api sampai Stasiun Hall Bandung, Travel Jakarta Bandung yang sudah menjamur. Perjalanan selanjutnya bisa ditanyakan warga Bandung kendaraan umum yang menuju ke arah Ciwidey. Tentunya lamanya perjalanan tergantung moda transportasi yang digunakan, diperkirakan anatara 5 sampai 7 jam akan sampai di Kawah Putih.

Untuk biker, perjalanan tentu akan lebih menantang menuju kawah putih, selain perjalanan yang panjang ke arah Bandung, perjalanan ke arah Ciwidey tepatnya Desa Alam Endah, Kecamatan Pasir Jambu tentunya memberikan kesan tersendiri.

Ontang Anting mengantar sampai kawah

Ontang anting mengantar sampai kawah

Menuju Lokasi

Untuk menuju lokasi dari Bandung yang berjarak 46 km perjalanan sungguh mneyenangkan karena melewati daerah hunian yang sudah ramai dan pemandangan alam yang memberikan keteduhan. Kendaraan dapat diparkir di area parkir Kawah Putih atau langsung ke diarahkan dekat kawah.

Kami sampai di Kawah Putih sekitar jam 10.00 pagi. Hitung punya hitung jika kendaraan kami naik sampai dekat kawah biaya per mobil Rp. 150.000 plus Rp. 15.000 per orang lebih bahal dibandingkan naik ontang anting yang hanya Rp. 25.000 termasuk tiket masuk. Strategi yang menyesakkan buat yang memiliki kendaraan tetapi berguna untuk wisatawan pada umumnya.

Ontang anting adalah kendaraan angkut yang sebagian terbuka dan sudah dibongkar untuk mengantarkan wisatawan ke dekat kawah. Suatu pengorganisasian yang cukup apik dan terpadu. Dengan modal Rp. 25.000 per orang kami bisa mengunjungi tempat wisata Kawah Putih sepuasnya.

Strawberry Khas Ciwidey

Strawberry Khas Ciwidey

Mang Ayi, Strawberry, dan Belerang

Menuju ke Kawah Putih ada 3 hal yang menjadi perhatian saya, yaitu Mang Ayi, Strawberry dan Belerang. Selain itu saya menemukan juga mainan anak seperti tiupan balon dari air busa, jagung bakar dan terong belanda untuk berbagai macam penyakit.

Mang Ayi dengankecapinya sudah cukup lama menghibur wisatawan dengan alunan lagu-lagu Sunda. Alunannya menjadi daya tarik bahwa kita berada di tatar sunda dan petikan-petikannya memberikan suasana ketenangan dan irama yang menyentuh. Tempatnya strategis dengan baju yang bernuansa Sunda membuat tiap wisatawan pasti diam sejenak untuk mendengarkan tampilannya.

Strawberry bisa dikatakan trade marknya daerah Bandung pegunungan. Baik mendekati Tangkuban Perahu atau mendekati daerah Gunung Patuha ini kebun strawberry akan terlintas di banyak lokasi. Bahkan ada yang menyediakan petik sendiri strawberry dengan biaya yang cukup murah. Di lokasi Kawah Putih ini strawberry segar dan mengundang mata dan selera dijajakan di banyak tempat. Masyrakat sekitar dengan ramahnya menawarkan strawberry yang benar-benar menggiurkan dengan harga yang murah karena dibawa dari kebun sekitar. Strawberry jika dibuat juice wah segar dan membuat badan sehat karena mengandung banyak vitamin.

Belerang yang dipercaya membantu penyembuhan beberapa penyakit kulit dijajakan juga dalam plastik-plastik kecil. Penjual bubuk belerang ini tidak banyak hanya satu dua saja.

Mang Ayi dan kecapinya

Mang Ayi dan kecapinya

Suasana Kawah Putih

Kawah Putih tidak selamanya berwarna putih namun bisa berwarna kehijauan. Kandungan fosfor dan belerang yang tinggi dari danau yang terbentukpada Kawah Putih membuat warna kawahnya khas. Kadang berwarna putih, kehijauan, kebiruan atau kadang coklat susu. Anda akan menyetujui kalau keindahan alam di Kawah Putih merupakan cerminan keagungan Sang Pencipta.

Tak jemu mata para wisatawan melihat pemandangan indah ini dan bahkan siapapun juga tergerak untuk berfoto ria. Sudah menjadi pemandangan biasa di Kawah Putih saling berfoto ria bahkan ada yang mengabadikannya dalam video. Sehubungan adanya gas belerang dari kawah dan suasana agak panas, sebaiknya berada di kawah maksimal 30 menit.

Suasana dan kenangan Kawah Putih tetap akan dikenang paling tidak aura Kawah Putih yang tetap teringat, foto-foto hasil jepretan atau video hasil rekaman. Bahkan wallpaper HP saya sekarang adalah Kawah Putih. Untuk Anda yang belum pernah ke Kawah Putih, rencanakan dalam agenda Anda untuk datang ke Kawah Putih.

Pos ini dipublikasikan di bandung. Tandai permalink.

10 Balasan ke Pesona Kawah Putih Nan Eksotis

  1. lombardo berkata:

    terkadang itu semua hanya politik belaka..

    boleh minta komennya di blog saya??
    http://lombardo.blogdetik.com/2011/02/21/ballpen-sederhana-berteknologi-baru-dan-berkualitas/

  2. dierdzarghifari berkata:

    cocok dipasangkan menjadi calon presiden dan wapres di negara nusakambangan.

  3. hardiyanto berkata:

    Nurdin Gayus Bin Halid Tambunan

  4. husin berkata:

    enak jg jadi orang top ya,….

  5. ahmadmusyrifin berkata:

    wakakakakk kalo otak bisnis semua bisa jadi…….
    =================
    iklan aneh: hadiah langsing

  6. Dycha berkata:

    keywordz aku hari ini yang menjadi “nomor 1” dan “halaman pertama” google adalah :

    “tupperware promo maret 2011”

    nggak percaya…??? coba aja copas keyword itu ke kotak searching google, pasti yang muncul Blog ini….

    Hehehehehee…..😀

  7. maap berkata:

    napi dan mantan napi yang sakti (yang satu bisa jalan jalan saat jd napi yang satu bisa menguasai pssi)
    masuklis

  8. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  9. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s