Mengekspor Indahnya Keragaman

Sungguh berbahagia menjadi anak bangsa Indonesia dengan keragamannya. Suku bangsa, bahasa, agama dan tempat tinggal dalam keragaman. Anak bangsa berjumlah lebih dari 230 jiwa tinggal dari Sabang sampai Merauke , memiliki lebih dari 17.500 pulau, lebih dari 300 suku bangsa, dan memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah.

Indonesia mempunyai sejarah panjang pernah melahirkan kerajaan yang disegani seantero dunia seperti Sriwijaya, Majapahit dan Mataram. Meski pernah dijajah selama lebih dari 3,5 abad, namun dengan perjuangan tanpa henti baik kedaerahan maupun secara nasional akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 dalam kebanggaan berhasil memproklamirkan kemerdekaan secara mandiri dan penuh perjuangan.

Keragaman di satu sisi merupakan suatu tantangan untuk maju, namun di sisi lain merupakan modal besar untuk menjadi bangsa dan negara yang besar. Jatuh bangun perjuangan sejak jaman kerajaan, penjajahan, perjuangan kemerdekaan, era pembangunan lima tahun dan paska reformasi ini harus menjadi motivasi buat seluruh bangsa Indonesia ke depan agar berkehidupan lebih maju dan lebih sejahtera. Keragaman adalah anugerah dan karunia yang perlu dikelola dengan baik dan bijak untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mensejahterakan seluruh anak bangsa Indonesia.

Saatnya kini dan ke depan bangsa Indonesia berperan penting menjadi aktor dalam menjaga keamanan global bersama dan meningkatkan kesejahteraan umat seluruh manusia. Bangsa Indonesia telah teruji dalam keragaman berhasil melalui tantangan perbedaan dalam keragaman, konflik, dan tantangan internal daalm mencapai cita-cita yang diimpikan seluruh umat manusia.

Saatnya bangsa Indonesia menularkan atau mengekspor pengalaman mengelola keragaman dalam mencapai tujuan. Beberapa negara besar mengelola keragaman membutuhkan ratusan tahun sejarah, Indonesia dalam 65 tahun ini telah menunjukkan bukti bisa mengelola keragaman untuk tujuan bersama yang mulia.

Krisis demi krisis telah dilalui sampai saatnya masa pembangunan dan mengisi kemerdekaan, kita bergandengan bersama melalui proses ini dalam menjaga keamanan dan meingkatkan kesejahteraan bersama dalam kehidupan bernegara yang lebih mapan dan terhormat.

Peran di Mancanegara

Indonesia pernah menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika yang menjadi cikal bakal gerakan dunia ketiga untuk bisa duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan negara-negara maju. ASEAN berdiri tentunya atas peran serta Indonesia yang aktif. Peta dan konstelasi politik dan kenegaraan Indonesia di dunia begitu strategis sehingga negara-negara di dunia tidak bisa mengabaikan Indonesia. Hal ini nampak dari telah masuknya Indonesia dalam kelompok G-20. Selain itu dalam lingkungan negara muslim, peran Indonesia sangat penting karena merupakan negara muslim terbesar dan punya peran dalam memperjuangkan negara-negara muslim.

Letak geografis Indonesia yang strategis sering disebut Jamrud Katulistiwa, selain sebagai potensi besar dalam mensejahterakan seluruh penduduk Indonesia juga merupakan nilai tambah dalam berperan di kancah Internasional.

Dulu, saat ini dan di masa depan Indonesia merupakan negara penting dalam percaturan internasional terlebih dengan mempertimbangkan melimpahnya kekayaan alam, negara kepulauan yang mempunyai lautan yang luas dan jumlah penduduk nomor 4 sedunia. Selama ini Indonesia telah berperan penting dalam lingkup regional ASEAN, Asia, Asia Pasifik bahkan dunia secara global dalam banyak segi kehidupan berbangsa dan bernegara. Sejarah telah membuktikan ini dan di masa akan datang akan terus tertulis peranan Indonesia yang sangat penting dan strategis.

Hubungan Luar Negeri dan Pertahanan, NKRI dan Otonomi Daerah

Indonesia dalam masa paska kemerdekaan lebih dari 65 tahun telah banyak memberikan bukti yang patut dicontoh diantaranya : berperan cukup aktif dalam hubungan luar negeri, menjaga pertahanan negara dalam keragaman dan luasnya teritorial, tetap menjaga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan telah mewujudkan transformasi otonomi daerah dalam konteks NKRI.

Tantangan keragaman, keluasan daerah dan banyaknya penduduk Indonesia tidak menyurutkan langkah untuk maju secara bertahap. Pengelolaan kestabilan dalam konstelasi internasional, menjaga NKRI dan mentransformasikannya dalam perwujudan kesejahteraan berkeadilan bagi seluruh bangsa Indonesia merupakan prestasi tersendiri.

peran_indonesia

Hasil Kekayaan Alam dan Lingkungan Hidup

Kekayaan alam seperti mineral, hasil hutan, hewan dan kekayaan laut perlu dikelola dengan bijak. Kekayaan alam yang tidak terbarukan perlu digali dengan mempertimbangkan nilai ekonomis dan warisan untuk generasi penerus. Sebaliknya kekayaan alam yang bisa dibarukan perlu ditingkatkan dalam konteks pembaharuan yang seimbang dibanding pengambilannya dari alam. Peran keseimbangan lingkungan hidup merupakan faktor kunci. Selama ini Indoensia telah berusaha untuk menjaga keseimbangan ini.

Secara internasional keragaman hasil alam tumbuhan Indonesia merupakan terbesar kedua di dunia setelah Brasil. Pengelolaan yang bijak dan berkesinambungan harus selalu dijaga agar di masa yang akan datang wilayah hijau tetap terjaga, bahkan jika perlu wilayah hijau bertambah bukannya berkurang. Biarkan dunia mengetahui dan kemampuan menyeimbangkan wialyah hijau ini menjadi daya tarik akan indahnya alam dan potensi kekayaan alam di Indonesia.

Infrastruktur, Perhubungan dan Pertanian

Pembangunan infrastruktur merupakan prioritas utama, meski demikian pembangunannya secara bertahap sesuai dengan urutan prioritas. Pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, jalan tol, listrik, telekomunikasi, air, internet dan infrastruktur pendukung lainnya tentunya untuk tujuan meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan perekonomian daerah yang bersangkutan.

Kemudahan dalam alat transportasi baik moda udara, laut, darat dan sungai memungkinkan peningkatan trafik arus lalu lintas. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan aksesbiltias dalam pengembangan perekonomian daerah tersebut. Hasil pertanian dan hasil produksi khusus daerah tersebut secara langsung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan lebih merata dan berkeadilan.

indonesia_go_international

Pendidikan dan Kesehatan

Tingkat pendidikan anak bangsa dan generasi penerus tahap demi tahap berkembang. Baik pendidikan formal dan non formal selalu ditingkatkan di seluruh pelosok Indonesia dengan dimulainya perbaikan infrastruktur pendidikan, meningkatkan kesejahteraan guru dan mengurangi beban biaya calon siswa/mahasiswa. Meski biaya pendidikan mahal namun ternyata persentase anak terdidik dan melek huruf terus bertumbuh. Pekerjaan penting berikut adalah penyerapan hasil pendidikan dalam lapangan kerja dan kesemaptan berusaha baik di wilayah nusantara maupun mancanegara.

Kesehatan di tingkat nasional mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari pola penyebaran puskesmas sampai tingkat daerah untuk melayani masyarakat utnuk mendapatkan pelayanan kesahatan dengan biaya yang relatif murah. Jumlah penduduk dan penyebaran tempat tinggal merupakan tantangan tersendiri dalam memeratakan kesehatan ke seluruh pelosok Indonesia.

Tantangan peningkatan pendidikan dan kesehatan di masa datang akan lebih besar lagi, namun tahapan-tahapan peningkatan dan pertumbuhan telah digapai dari masa ke masa lebih baik dari masa sebelumnya.

Komunikasi – Informatika, Riset – Teknologi

Suatu perusahaan bisa maju dengan pesat sehubungan tingkat komunikasi, akses informasi dan riset teknologi dilakukan dengan kesungguhan oleh ahli yang yang mempunyai kapabilitas dan pengalaman yang mencukupi. Generasi muda yang berpendidikan, punya determinasi yang gigih untuk berjuang, kreatif dan inovatif merupakan kunci dalam meningkatkan taraf komunikasi, aksesbilitas informasi dan penignkatan riset teknologi.

Dalam kancah internasioanl terbukti anak bangsa tidak tertinggal dari anak bangsa negara lain. Hal ini bisa tetap ditingkatkan dengan tetap meningkatkan kesempatan pendidikan di dalam dan luar negeri, kesempatan luas mendapatkan beasiswa, dan pemberiaan penghargaan yang pantas atas anak didik yang berprestasi baik dalam kesempatan memperoleh pendidikan yang lebih tinggi dan kesempatan bekerja dan berwirausaha.

Anak bangsa yang punya kemampuan dan pengalamana alangkah baiknya selain berkiprah secara internasional juga memberikan sumbangan yang berarti buat negara tercinta Indonesia. Saatnya negara dan bangsa Indonesia memanggil untuk memberikan sumbangsihnya, meskipun dilakukan dari luar negeri buat negara tercinta Indonesia

Tenaga Kerja, Kesempatan Berwirausaha, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan

Salah satu tugas pemerintah adalah memberikan kesempatan yang luas tiap anak bangsa memperoleh pekerjaan dan atau kesempatan berwirausaha. Saat ini telah tumbuh kesempatan ini baik di dalam dan luar negeri, namun perlindungan dan kesempatan yang luas masih perlu ditingkatkan lagi.

Selain itu, program pelindungan anak dan pemberdayaan perempuan telah menjadi perhatian khusus pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan, perlindungan dan membuka mata akan peran sesuai tugas dan kewajiban tiap angota keluarga secara proporsional.

keragamanan_nan_mengenyangkan

Pangan, Sandang dan Perumahan

Tantangan pemerintah setelah memperluas kesempatan kerja dan kesempatan berwirausaha adalah penyediaan pangan, sandang dan perumahan yang cukup, merata dan terjangkau oleh penduduk.

Sebaran tempat tinggal dan keragaman penduduk Indonesia merupakan tantangan tersendiri pemerintah. Namun demikian usaha yang tanpa henti harus dilakukan terus menerus paling tidak untuk mencukupi 3 kebutuhan pokok yaitu pangan, sandang dan perumahan agar lebih terjangkau untuk seluruh penduduk Indonesia.

Pariwisata, Koperasi dan Usaha Kecil

Pariwisata merupakan potensi pemasukan yang sungguh besar. Keragaman budaya – kesenian -warisan dan luas wilayah adalah potensi yang bisa terus digali dan dikelola secara berkesinambungan dan terintegrasi untuk menjadi potensi pariwisata.

Potensi pariwisata bisa tumbuh 10 sampai ratusan kali dari pendapatan saat ini jika secara ber-gotong-royong ditumbuhkan iklim yang pas untuk semua pihak berperan.

Alam indonesia begitu indahnya, kesenian Indonesia beraneka ragam, makanan dan tujuan wisata sangat beraneka ragam. Penggalian potensi ini dan pengelolaan yang bijak bisa menjadikan daerah-daerah lain menjadi tujuan wisata baru atau menjadi “Bali’ berikutnya. Secara tidak langsung atau langsung pertumbuhan perekonomian akan terwujud di daerah tersebut.

Selain itu, dari sisi masyarakat, koperasi diyakini merupakan salah satu tulang punggung dalam perkembangan perekonomian secara merata di seluruh Indonesia. Peningkatan peran serta semua pihak dan fasilitasi pemerintah dalam menciptakan iklim yang kondusif dapat meningkatkan lagi berkali lipat pertumbuhan informal secara merata dengan menggunakan wadah koperasi di daerah-daerah.

Dengan demikain, usaha kecil dan usaha rumahan dapat terbantu dengan peningkatan pemerataan, pengetahuan dan fasilitas regulasi untuk perkembangan koperasi yang tepat.

karya_anak_bangsa

Ekonomi dan Demografi, Kehidupan Beragama

Perkenomian Indonesia bertumbuh secara gradual mengimbangi keragaman dan luasnya daerah Indonesia. Demografi yang menyebar ini merupakan tantangan tersendiri yang dari sisi positif menjadi penguat pertumbuhan yang stabil, merata dan berjangka panjang.

Di sisi kehidupan beragama, Indonesia telah menjadi bukti bahwa keragaman bukan suatu halangan tetapi merupakan suatu modal untuk hidup menjadi negara yang kuat, kebersamaan, kekeluargaan dan berkepribadian.

Prestasi Olahraga, Kesenian dan Kepemudaan

Generasi muda harus terus menggali diri bahwa dengan 230 juta lebih penduduk prestasi olahraga, kesenian dan kepemudaan saat ini belum cukup.

Meski sudah sering terdengar, tertulis dan diberitakan atas prestasi olahraga, kesenian, pendidikan dan prestasi kepemudaan lainnya, masih harus ditingkatkan terus bahwa prestasi generasi muda masih bisa lebih tinggi dan lebih banyak lagi.

Bangsa Indonesia harus percaya bahwa masih tetap bisa berprestasi lebih tinggi lagi.

Perjuangan Belum Selesai, Tingkatkan Pemerataan dan Pertumbuhan Kesejahteraan

Ilustrasi secara global di atas merupakan gambaran bahwa keragaman Indonesia merupakan suatu potensi yang justru telah membuktikan Indonesia secara bertahap bisa terus berkembang sebagai bangsa dan negara dalam kancah Internasional. Keragaman ini bisa disharing dan disampaikan pada seluruh dunia bahwa peningkatan pemerataan dan perutmbuhan kesejahteraan merupakan perjuangan yang terus menerus dan tak pernah usai.

Berdasarkan pengalaman Indonesia, bergandengan tangan seluruh umat manusia, perlu digalakkan untuk melakukan langkah-langkah sistematis, berkesinambungan, terintegrasi secara ber-gotong royong antar stakeholder (semua pihak) dalam meningkatkan pemerataan dan pertumbuhan kesejahteraan umat manusia meski dalam keragaman. Keragaman bukan ancaman atau nilai negatif, tetapi tantangan potensi untuk keidhupan lebih baik lagi jika dikelola dengan baik dan bijak.

Pengalaman berharga Indonesia dalam mengelola keragaman yang sudah terbukti dapat dibagi/disharing/diekspor pengalaman untuk kepentingan lebih tinggi lagi yaitu mengelola karagaman umat manusia di seluruh dunia. Pemerataan dan peningkatan kesejahteraan dapat dicapai dan diwujudkan berdasarkan pengalaman Indonesia selama ini.

Salam.






Pos ini dipublikasikan di diary. Tandai permalink.

10 Balasan ke Mengekspor Indahnya Keragaman

  1. husin berkata:

    setuju, buatlah tulisan2 yg membangun dan meningkatkan kualitas hidup kita bukan tulisan2 yg merusaknya…

  2. infokomputerinternet berkata:

    Marilah kita galakkan berinternet sehat. Terimakasih untuk infonya yang sangat bermanfaat ini sobat

  3. botwnnix berkata:

    Mantap!! ane juga lagi belajar berinternet sehat plus kalo bisa menghasilkan uang.

  4. Kang Yudhie berkata:

    Pengen Internet sehat…??? intip dulu yang ini,,, http://tribrata.blogdetik.com/2010/09/28/hobby-ngintip-part-2/ 😀 salam Kenal…

  5. Endi Biaro berkata:

    Salah satu internet sehat adalah bersilaturahmi. Salam…

  6. igasbujang berkata:

    setuju…hheee , tak perlu saling menghina,.. karana blm tentu yg dihina lebih baik dari yang menghina.hehe

  7. ibprabowo berkata:

    @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

  8. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  9. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s