Tantangan Wisata Kota dan Kab Sukabumi

Apa saja wisata di sukabumi ? Itu kata pertama yang diajukan jika ingin menuju ke kota sukabumi atau kabupaten sukabumi. Wisata sukabumi sebenarnya sungguh banyak dan beraneka ragam. Beberapa potensi yang bisa digali yaitu wisata kuliner / wisata makanan, wisata ikan hias, wisata perikanan, wisata gunung, wisata pantai, wisata curug, wisata garmen, wisata camping, wisata arung jeram, wisata outbond, wisata gua, dan wisata-wisata lain yang bisa diciptakan atau digerakkan kembali.
Saya pribadi sangat terkesan akan wisata pantai di pelabuhan ratu dan ujung genteng. Untuk 2 tempat saja menginap 2 malam tidak mencukupi. Kita satu rombongan pernah menuju ke pantai ujung genteng dan pelabuhan ratu untuk menikmati keindahan pantai, bakar ikan, membeli gula kelapa, tempat pelelangan ikan, berendam di pantai, menikmati pemandangan sepanjang jalan. Sungguh indah potensi kedua pantai sukabumi tersebut.
Orang Jakarta dalam waktu Sabtu Minggu liburan akan mencari tempat wisata Indonesia yang dekat maupun yang jauh. Yang jauh tentu ke luar negeri, menengah tempat wisata Indonesia favorit. yang dekat anyer, Bandung, Bogor, Puncak, Kepulauan Seribu, dan tempat wisata Jabotabek.
Apa pernah terpikirkan kota dan kabupaten sukabumi menjadi tujuan wisata orang jakarta ? Pertanyaan berikutnya tentu apa wisata di sukabumi ? Ada daua hal perlu dipikirkan satu tujuan yang unik (wisata sesuai kekhususan yang bisa jadi daya tarik) dan kemudahan akses ke Sukabumi (jalan lingkar, rel kereta, pelebaran jalan atau jalan tol). Selama ini masih sedikit yang terpikir Sukabumi menjadi tempat tujuan wisata, kecuali orang Sukabumi dan memang jenis wisata khusus yang sudah mencuri star di lingkungan kab dan kota sukabumi.
Tugas dan tanggung jawab untuk tantangan mengembangkan wisata di Sukabumi adalah semua stake holder sukabumi ( pemerintah, legislator, dinas pariwisata, asosiasi kepariwisataan, masyarakat kota dan kab, pengusaha sukabumi, keluarga besar sukabumi dan pemerhati sukabumi) kota sukabumi dan kabupaten sukabumi.
salam
Pos ini dipublikasikan di sukabumi. Tandai permalink.

10 Balasan ke Tantangan Wisata Kota dan Kab Sukabumi

  1. husin berkata:

    iya..biar saya juga kepingin maen ksana…

  2. berwisata berkata:

    sukabumi & sekitarnya menarik utk liburan, yg payah jalan dari Ciawi menuju Sukabumi macet, rusak … kapan benernya ya tuh jalan

  3. ibprabowo berkata:

    @lischantik thx
    @wahyubramastyo salam kenal jg
    Anda bisa menulis hal2 yg lebih baik jika menulis dari hati
    salam

  4. igasbujang berkata:

    ingatlah bersyukur sebelum tersungkur..hehe
    bersyukur itu juga ibadah.hehehe menurutq

  5. Endi Biaro berkata:

    Salah satu internet sehat adalah bersilaturahmi. Salam…

  6. igasbujang berkata:

    setuju…hheee , tak perlu saling menghina,.. karana blm tentu yg dihina lebih baik dari yang menghina.hehe

  7. ibprabowo berkata:

    @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

  8. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  9. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s