Trik Memilih Notebook atau Netbook

Akses data adalah suatu kebutuhan, pilihan bisa melalui PC (Personal Computer)/Desktop, Notebook/Netbook, Ipod, Smartphone, e-book readerdan terakhir Tablet. PC/Desktop adalah komputer yang relatif menetap dan harga lebih murah. Notebook adalah komputer yang portable dan bisa dibawa ke manapun. Netbook adalah notebook yang lebih murah sesuai fungsionalitasnya, diperuntukan khususakses internet, ukurannya lebih kecil, dan tanpa DVD Drive. Ipod adalah semacam akses hotspot/wife yang bermanfaat untuk audio, video dan berselancar internet via akses wife/hotspot. Smartphone adalah telepon genggam (handphone) dan telah dilengkapi fungsi praktis yang sering ada di komputer yang lebih sederhana, seperti akses internet, chatting/messenger, dan perangkat untuk kerja seperti mobile office. E-book reader adalah alat yang didesain utama agar bisa membaca elektronikbook (e-book) dengan segala formatnya. Tablet atau sering dikenal dengan nama ***pad adalah terobosan baru suatu komputer tipis/flat, akses dengan touch screen (menyentuh dengan tangan/alatpada layar), bisa akses via wifi atau jaringan telepon dan fungsi-fungsi yang lebih simple lainnya.

Untuk kecukupan kecepatan aksesdata dan kemampuan menyelesaikan pekerjaan yang kompleks, notebook atau netbook sering menjadi pilihan sebelum tablet menjadi trend. Hal paling penting adalah trik memilih notebook atau netbook. Berikut beberapa pertimbangan diantaranya :

  • Kegunaan Notebook atau netbook tersebut : secara garis besar ada 5 kegunaan yaitu game, bekerja, multimedia, grafis/desktop publishing/percetakan, browsing/menjelajah internet.Komputer dengan kemampuan tinggi biasanya diuji coba dengan menjalankan suatu games dengan tingkat kecepatan, grafis, tampilan dan komplektifitas yang tinggi. Untuk games tingkat tinggi komputer yang dibutuhkan mempunyai prosesor tercepat misalnya saatini Intel Core i7, VGA Card minimal 1 GB danRAM minimal 4 GB. Komputer untuk bekerja baik untuk karyawan, pengusaha,atau mahasiswa dengan tingkat pekerjaan yang cukup kompleks perlu spesifikasi prosesor minimal Intel PentiumDual Core atau Intel Pentium Core 3 Duo, VGA Card minimal 512 MB dan RAM minimal 1 GB. Komputer untuk multimedia saat ini biasanya membutuhkan spesifikasi Intel Core i3 atau i5, VGA Card minimal 1 GB dan RAM minimak 1 GB. Sedangkan, komputeruntuk kebutuhan grafis/desktop publishing akan sangat terbantu dengan spesifikasi prosesor Intel Core 2 Duo, VGA CArd minimal 512 MB, dan RAM minimal 2 GB. Terakhir untuk browsing/menjelajah internet bisa menggunakan Netbook dengan spesifikasi Intel Atom N450 atau yang lebih tinggi, VGA Card semacam GMA3150 dan RAM minimal 1 GB.
  • Budget : anggaran untuk kantong terbatas atau peminat yang memiliki dana tak terbatas dananya perlu memperhatikan antara pilihan dan hasil yang saling berkaitan. Budget yang besar akan diperoleh spesifikasi yang sesuai atau bahkan di atas rata-rata, sebaliknya budget yang terbatas dapat memilih yang bersesuaian atau jika perlu menurunkan notebook/netbook yang seauai kantong dengan harapan akan mencukupi sesuai dengan kegunaannya/fungsinya.
  • Layanan Purna Jual : sehubungan peminat notebook atau netbook biasanya awam dalam hal komputer, maka sebaiknya beli barang dengan menyertakan garansi paling tidak 1 tahun. Dengan demikian pada saat diperlukan atau ada kerusakan komputer dapat segera diperbaiki.
  • Daya Tahan Baterai : Satu faktor yang penting dalam pemilihan Notebook atau netbook adalah seberapa lama daya tahan baterainya, makin lama makin bagus karena biasanya notebook atau netbook akan dipergunakan untuk mobile atau bisa dibawa kemanapun yang biasanya jarang ada colokan listrik.
  • Laptop Berkualitas : dalam pemilihan jika mempunyai budget yang mencukupi biasanya saya mengecek informasi tentang daya tahan suatau produk. Sebagai gambaran jika saya mengeluarkan uang Rp. 5 juta untuk beli maka aya harapkan notebook atau netbook tersebut bisa bertahan untuk 10 tahun ke depan. Secara ekonomis investasi saya akan menguntungkan meski saat membelinya merupakan biaya atau cost, namun dengan memilikinya saya terbantu dalam mengerjakan banyak hal. Beberapa indikator laptop berkulitas adalah penghargaan yang diperoleh secara nasioanl dan internasional, lama perusahaan bergerak di bidang notebook atau netbook, jumlah yang terjual untuk area nasional atau global, peringkat pelayanan dan kualitas, perhatian terhadap ramah lingkungan, tingkat kehandalannya, testimoni para pengguna, dan perhatian terhadap pengujian pengetesan seperti : goncangan, geteran dan jatuh. Untuk mudahnya hal ini bisa dilihat dari berita-berita penghargaan, brosur dari penerbit laptop dan informasi dari rekan-rekan yang sering ter-update tentang informasi ini.

Demikian sekilas pertimbangan pribadi atau trik dalam memilih notebook atau netbook. B agaimana dengan pertimbangan Anda dalam memilih ?

Salam

Pos ini dipublikasikan di teknologi informasi. Tandai permalink.

10 Balasan ke Trik Memilih Notebook atau Netbook

  1. sukangeblog berkata:

    bagus infonya, karena yang biasa terjadi, banyak orang yang sebenarnya ingin beli notebook namun akhirnya ‘salah beli’ dan membeli netbook yang lebih murah. dan akhirnya mereka kecewa

  2. tsefull berkata:

    ane lebih suka ngeblog di blogdetik dari pada facebook.

  3. olah-data.com berkata:

    wow..artikel yg menarik…
    bagaimana dg twitter bos?? apakh sama ?
    kayaknya sering jd trending topik di twitter…
    ditunggu liputan2 selanjutnya..

    salam,

    OlahDataSkripsiTesis.blogdetik.com

    http://www.olah-data.com
    081945059000

  4. gusthy berkata:

    hidup Indonesia..
    Hidup blogdetik

  5. cykleem berkata:

    facebook w gk bs di gunain napa ya bro..? tp enakn ngblog aja !

  6. frazi berkata:

    IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

  7. ibprabowo berkata:

    @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

  8. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  9. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s