Festival Komputer Indonesia 2010 : ***Pad, Perang Perangkat Tablet

Tablet Computer atau tablet adalah komputer yang berbentuk layar datar yang pengoperasiannya dengan sentuhan stylus (alat input), sentuhan digital pen atau sentuhan jari. Tablet yang terkenal sekarang adalah IPad keluaran dari Apple. Awalnay Tablet tidak populer dibandingkan laptop, PC dan handphone. Dengan berjalannya waktus ejak IPad mencaji incaran banyak pihak, Tablet atau yang istilah saya ***pad mulai digali lagi dan dikeluarkan oleh banyak pihak.

Ipad

Ipad menjawab tantangan kebutuhan konsumen akan perangkat yang mudah dibawa, ringan tetapi mempunyai kegunaan dan fungsi meruapakn perpaduan antara smartphone (handphone pintar) dan netbook. Steve Jobs sebagai inovator dengan rasa life style yang berkualitas dan pandangan ke depan merupakan orang pertama di Apple dan di dunia yang memimpin atas kemajuan teknolgi sehingga lahirlah Ipad. Waktu telah membuktikan komputer apple, macbook, ipod klasik maupun ipod touch sungguh diterima oleh pengguna di seluruh dunia sehingga banyak orang rela antri berjam-jam bahkan harus merogoh knatong cukup dalam untuk mendapatkan produk terkini dan terbaru dari apple.

Demikain juag tidak ketinggal Ipad yang diluncurkan padabulan April 2010. iPad adalah jenis tablet computer yang dipasarkan untuk memenuhi konsumen dalam mengakses ebook, film, music dan games dengan cara akses via web/internet dan akses email baik dengan wife/hotspot atau akses wireless. Beratnya yang hanya 700 gram telah laku sebanyak 3 juta unit dalam 80 hari pemasarannya yang pertama. Harga iPad di Indonesia diperkirakan sebesar Rp. 7 jutaan pada sekitar peluncuran ini.

Kesuksesan dalam peluncuran ipAd ini membuat banyak produsen membuat prototipe dan merencanakan launching di tahun 2010 ini dengan harga yang lebih kompetitif bahkan mungkin lebih murah sampai sekitar setengahnya. Salah satu cara dengan memperkecil ukurannya, iPad yang berukuran A4 , pengikutnya cenderung membuat produk berukuran lebih kecil bahkan sampai setengah dari A4.

Saingan Ipad

Ipad yang menjadi trendsetter seperti halnya produk Ipad yang menjadi trendsetter seperti komputer awal, macbook dan ipod mulai dilirik oleh banyak produsen komputer. Berikut beberapa diantaranya :

  • HP Slate : CEO Micorsoft Steve Ballmer mendemontrasikan prototipe Slate yang menggunakan Windows 7 yang akan direncanakan diluncurkan tahun ini.
  • Dell Streak : Streak diperkirakan menggunakan operating system Android, dan dapat mengakses ke toko Amazon Kindle dan aplikasi Android.
  • Lenovo IdeaPad S10-3t : Ideapad diperkirakan berukuran 10″ yang merupakan perpaduan antara tablet dan netbook.
  • Archos 9 : Archos menggunakan sistem opersi Windows 7, berukuran 8,9″ dan mempunyai kemampuan dalam multimedia seperti internet, radio dan cideo.
  • Asus Eee Tablet : Asus tablet ini merupakan perpaduan tablet yang pengoperasiannya dengan sentuhan tangan dan keyboard dengan ukuran layar 8,9″.

***pad Pengikut Ipad di Festival Komputer Indonesia 2010

  • SkyPad : Produk ini merupakan peluncuran (launching) belum lama ini JUli 2010 oleh PT Skybee Tbk. yang baru saja tercatat di bursa saham Indonesia. Ukurannya memang setengah dari Ipad namun dengan harga setengah dari Ipad diperkirakan ini akan menjadi alternatif pilihan selain Ipad.
  • S7 : Produk ini keluaran Huawei yang direncanakan diluncurkan tahun 2010 ini, mirip dengan skypad yang ukurannya dan harnya setengah dari Ipad.

Saya tidak berpolemik akan pilihan tablet untuk dibeli, satu fenomena yang mulai muncul akhir-akhir ini sejak Ipad meluncurkan Ipad, produsen lain mengikuti dengan mulai membuat prototipe tablet yang direncanakan akan dilaunching dalam tahun ini. Tablet merupakan alternatif menengah atau jembatan atau paduan antara smartphone dan netbook. Dengans egala kelebihan dan kekurangannya tablet mulai menjadi alternatif pilihan dalam masa perkembangan teknologi berikutnya. Masing-masing produk baik handphone, smartphone, netbook dan tablet punay kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan adalh pada pengguna, berdasarkan pertimbangan fungsional, mobilitas, kemudahan, kualitas dan harga; keputusan untuk memilih jenis produk dan merk ada pada konsumen.

Bagaimana dengan Anda ?

Salam

Pameran Komputer 2010 : 7 Kota, Inovasi untuk Pengguna

Pos ini dipublikasikan di bandung, indonesia, jabotabek, Jakarta, makassar, pameran, semarang, surabaya, teknologi informasi. Tandai permalink.

10 Balasan ke Festival Komputer Indonesia 2010 : ***Pad, Perang Perangkat Tablet

  1. cykleem berkata:

    facebook w gk bs di gunain napa ya bro..? tp enakn ngblog aja !

  2. frazi berkata:

    IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

  3. bisot berkata:

    selamat, sudah memenangkan lomba di http://flobamora.org/

  4. ibprabowo berkata:

    terima kasih ..saya sendiri kaget bisa menang

  5. bisot berkata:

    mas sehubungan dgn lomba blog flobamora, tolong alamat pengiriman hadiah dan nomor rekening di kirim via email ke tuteh.pharmantara@gmail.com

    terimakasih

  6. ibprabowo berkata:

    terima kasih panitia dan sukses untuk lomba ini dan event2 berikutnya, saya jawab dari email saya bowox9@gmail.com

  7. ibprabowo berkata:

    @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

  8. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  9. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s