Piala Dunia 2010 : Juara adalah Total Football

Uhh awalnya rasanya bosan juga melihat pertandingan Spanyol dan Belanda di Final. Keduanya beraliran Total Football namun sampai 2 x 45 menit, tidak ada satu pun gol.

Spanyol masih cenderung menggunakan Total Football untuk inspirasi dalam penyerangan. Alasannya sebagian besar pemain di team Spanyol adalah pemain Barcelona,sedangkan team Barcelona telah belajar banyak dari Johan Cruyff sebagai pelatih tahun 1988 – 1996. Meski Johan Cryuff sudah tidak melatih lagi di barcelona, tetapi warisan Total Football-nya diteruskan dari tahun ke tahun dan menginspirasi permainan di kesebelasan Spanyol lebih kreatif, bermutu dan dapat disejajarkan dengan team-team tingkat dunia lainnya. Bahkan, menurut catatan terakhir yang saya temukan, Rinus Michels sang Bapak Total Football pernah melatih Barcelona di tahun 1976 – 1978, namun selama waktu itu, prestasi Spanyol belum terlihat.

Racikan Total Football begitu merasuk di team Spanyol sejak Johan Cruyff melatih langsung Barcelona tahun 1988 -1996, yang notabene Johan Cruyff adalah pemain Belanda tahun 1974-an yang ikut memainkanlangsung Total Football sebagai pemain. Pelajaran Total Football tersebut diserap dan mungkin sedikit dimodifikasi sehingga gaung dari penyerapanannya mulai terlihat 12 tahun kemudian. Salah satu hasilnya adalah team Spanyol berhasil meraih Juara Eropa di tahun 2008.

Sedangkan Belanda sebagai ‘mbahnya’ Total Football, telah berubah lebih ke arah Effective Football yaitu dengan permainan sepak bola yang mengandalkan kekuatan, kecepatan dan stamina dengan tujuan utama adalah kemenangan. Untuk kesebelasanBelanda peralihan ini dimulai sejak Guus Hiddink dan diteruskan olah Bert van Marwijk.

Total Football sendiri pertama kali dikenalkan oleh Rinus Michels pelatih Belanda 1974, 1984-1985, 1986-1988 dan 1990-1992.Pada saat diterapkan di tahun 1970-an di mana salah satu pemain team Belanda adalah Johan Cruyff, Belanda berhasil meraih Runner-up Piala Dunia tahun 1974 dan 1978.

Ternyata, pemain Spanyol yang sedikit punya kemampuan satu tingkat di atas Belanda, serta dengan perjuangan tanpa henti dan determinasi yang tinggi, Spanyol berhasil mengalahkan Belanda, di perpanjangan waktu di menit ke 116 lewat gol Iniesta atas umpan dari Cesc Fbregas. Spanyol dianggap lebih mempertahankan total football dan diramu dengan operan-operan bola pendek dari kaki ke kaki. Sedangkan Belanda menerapkannya dengan cara mengoper bola secara umpan menyilang dan umpan jarak jauh, juga meramu total football ke arah effective football.

Spanyol terdiri dari19 pemain yang berlaga di kesebelasan utama Spanyol,4 pemain lain merumput di Inggris. Bahkan 8 pemain adalah pemain Barcelona. Sehubungan hal ini kekompakan dan kerja sama di team Spanyol sudah lebih terbiasa dibandingkan pemain di team Belanda yang berasal dari kesebelasan yang variasinya lebih lebar.

Dengan demikian berdasarkan catatan kecil di atas, Spanyol dan Belanda dalam memainkan bola di Piala Dunia 2010 ini, sedikit banyak terpengaruh aliran total football. Keduanya telah berhasil melewati dan mengalahkan team-team besar atau sang penakluknya lainnya untuk mencapai babak final Piala Dunia 2010, seperti kesebelasan : Portugal, Ghana, Uruguay, Italia, Prancis, Jerman, Brasil, Argentina, dan Inggris.

Dalam pertaruangan final ini, secara umum Spanyol dan Belanda bertarung dengan sangat ketat dan seimbang. Hasil akhir berpihak ke Spanyol sehubungan karena kemujuran dan tingkat kematangan team Spanyol lebih baik satu tapak dari team Belanda. Ketatnya persaingan terbukti dengan adanya perpanjangan waktu dalam posisi masih seri dan Spanyol patut bergembira karena satu gol berhasil diceploskan ke gawang Belanda di perpanjangan waktu.

Sungguh pertandaingan yang seru meski membosankan, namun tetaplah kita ucapkan selamat buat Spanyol sebagai Juara. Sedangkan untuk Belanda meski hanya sebagai runner-up namun telah membuktikan kelasnya atas perjuangannya dari penyisihan sampai partai final.

Terima kasih perlu kita ucapkan pada semua team 32 negara yang dengan sangat indahnya dan menghibur telah memberikan arti perjuangan dan arti sebuah permainan sepak bola pada masyarakat dunia.

Semoga tahun 2014 di Brasil nanti putaran final akan lebih meriah lagi dan tentunya kita sangat berharap dan akan saling mendukung agar salah satu kesebelasan di Putaran Final adalah Indonesia bisa terealisasi.

Semoga.

Pos ini dipublikasikan di indonesia, sepak bola. Tandai permalink.

10 Balasan ke Piala Dunia 2010 : Juara adalah Total Football

  1. cykleem berkata:

    facebook w gk bs di gunain napa ya bro..? tp enakn ngblog aja !

  2. frazi berkata:

    IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

  3. bisot berkata:

    selamat, sudah memenangkan lomba di http://flobamora.org/

  4. ibprabowo berkata:

    terima kasih ..saya sendiri kaget bisa menang

  5. bisot berkata:

    mas sehubungan dgn lomba blog flobamora, tolong alamat pengiriman hadiah dan nomor rekening di kirim via email ke tuteh.pharmantara@gmail.com

    terimakasih

  6. ibprabowo berkata:

    terima kasih panitia dan sukses untuk lomba ini dan event2 berikutnya, saya jawab dari email saya bowox9@gmail.com

  7. ibprabowo berkata:

    @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

  8. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  9. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s