Berharap Kemenangan Spanyol dg Total Footballnya “Belanda”

Final Piala Dunia 2010 merupakan pertandingan Belanda dan “Belanda”. Kesebelasan Belanda saat ini telah bermetamorfosis dari Total Football ke Effective Football. Sedangkan Spanyol merupakan jelamaan Total Football hasil didikan Johan Cruyff selama melatih di Barcelona1988 -1996. Sebagian besar pemain Spanyol adalah dari kesebelasan Barcelona. Sejak Johan Cruff melatih di Barcelona, secara tidak langsung prestasi kesebalasan Spanyol makin menanjak. Sebagai salah satu prestasi terpenting yaitu berhasil menjadi Juara Eropa di tahun 2008, dan tidak main-main mengalahkan Jerman di final 1:0.

Total Football dirintis oleh pelatih Rinus Michel sebagai pelatih Ajax 1969 sampai 1973 serta diterapkan pada kesebelasan Belanda sehingga pada Piala Dunia 1974 Belanda bisa menempati rangking 2. Total Footbalsecara filosofis dan penerapan dititis dalam diri pemain dan pelatih Johan Cruff (pemain Belanda yang ikut Piala Duniatahun 1974 dan pelatih Barcelona 1988 – 1996).

Total Football adalah penguasaan area, di mana pemain bisa saling menggantikan seperti aliran fluida, pada satu saat pemain sebagai back, jika bergerak bisa jadi gelandang dan pada saat penyerang bisa jadi penyerang, dan sebaliknya. Kepentingan utama adalah penguasaan wilayah. Sayang sekali total football saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh Belanda karena saat ini sudah mengarah pada effectivefootball.

Effective Football adalah bola yang mengandalkan kekuatan, kecepatan dan stamina dengan tujuan utama adalah kemenangan. Untuk kesebelasanBelanda peralihan ini dimulai sejak Guus Hiddink dan diteruskan olah Bert van Marwijk.

Nah dalam pertandingan final ini, kita akan melihat apakah total football akan mengalahkan effective football, atau sebaliknya ? Total Football diwakili Spanyol hasil didikan “Belanda” Johan Cruyff, sedangkan Effective Football melekat pada kesebelasan Belanda saat ini. Sya pribadi masih ingin melihat Total Football yang indah daripada Effective Football yang hanya mengandalkan kemenangan. Mari kita tunggu bersama mana yang menang, Spanyol atau Belanda. Gurita Paul telah memilih Spanyol, kita lihat hasil sebenarnya.

Pos ini dipublikasikan di diary, sepak bola. Tandai permalink.

10 Balasan ke Berharap Kemenangan Spanyol dg Total Footballnya “Belanda”

  1. ibprabowo berkata:

    Hahahaha keren buat Deddy ternyata jawabannya ini http://www.youtube.com/nc1253hz6

  2. cykleem berkata:

    facebook w gk bs di gunain napa ya bro..? tp enakn ngblog aja !

  3. frazi berkata:

    IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

  4. ibprabowo berkata:

    terima kasih ..saya sendiri kaget bisa menang

  5. bisot berkata:

    mas sehubungan dgn lomba blog flobamora, tolong alamat pengiriman hadiah dan nomor rekening di kirim via email ke tuteh.pharmantara@gmail.com

    terimakasih

  6. ibprabowo berkata:

    terima kasih panitia dan sukses untuk lomba ini dan event2 berikutnya, saya jawab dari email saya bowox9@gmail.com

  7. ibprabowo berkata:

    @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

  8. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  9. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s