Joachim “Jogi” Lw : From Zero to Hero-nya Jerman

Awalnya Jerman di Piala Dunia 2010 tidak diperhitungkan, bahkan diragukan akan mencapai restasi seperti waktu-waktu sebelumnya. Adalah Joachim Lw yang berhasil membalik sudut pandang banyak pihak dari tidak diperhitungkan menjadi disegani, dihormati dan menaikkan martabat dan harga diri bangsa Jerman.

Joachim Lw Sang Ekstrensik sering disebut Pelatih paling fashionable (terkenal dengan Sweater birunya), mulai melatih Kesebelasan Nasional Jerman sejak 2006. Prestasi terbesarnya yaitu berhasil membawa regenerasi team jerman, membawa Jerman jadi Runner-up Piala Eropa tahun 2008 dikalahkan Spanyol 0 : 1, dan mencapai semifinal Piala Dunia 2010 lagi-lagi dikalahkan Spanyol 0 : 1.

Sebelumnya sebagai asisten Jrgen Klinsmann, Jerman mencapai Posisi 3 Piala Konfederasi FIFA 2005 dan posisi 3 Piala Dunia 2006. Sebelumnya namanya berlum terkuak di media karena hanya membawa VfB Stuttgart (kesebelasan Jerman) jadi Finalis Piala Cup Winners Eropa tahun 1998 dan membawa Wacker Tirol (Kesebelasan Austria) menjadi Juara Austria tahun 2002. Menjadi asisten Jrgen Klinsmann (setelah beremu di sebuah sekolah pelatih) pada Kesebelasan Nasional jerman mulai 1 Agustus 2004 serta meneruskan jadi Kepala Pelatih kesebelasan Jerman tahun 2006 karena dianggap Jrgen Klinsmann bisa meneruskan idea filosofi bermain Jerman hasil racikan keduanya dan Jogi meruapkan ahli taktik (tactician) yang sangat berbakat.

Joachim “Jogi” Lw lahir tahun 1960 (50th) sebagai pemain banyak bermain di beberapa kesebelasan Jerman dan untuk Jerman hanya bermain 4 kali di kesebelasan Jerman usia-21. Namun sebagai pelatih Kesebelasan Jerman dari 55 pertandingan menang 38 kali (69,1%) dan seri 8 kali, atau 83% tak terkalahkan. Jogi merupakan pelatih Jerman dengan kinerja kemenangan terbesar (69,1%), bahkan mengalahkan pelatih sebelumnya yaitu Berti Vogts (1990 -1998, 64,7%), Helmut Schon (1964 -1978, 62,6%, Jerman Juara Piala Dunia 1974), Franz Beckenbauer (1984 -1990, 51, 5%, Jerman Juara Piala Dunia 1990) dan Sepp Herberger (19361942 dan 19501964, 56.8%, Jerman Juara Piala Dunia 1954).

Profil unik dari pelatih Jerman termasuk Jogi yaitu memperhitungkan dan mempersiapkan banyak hal untuk kesebelasan Jerman secara keseluruhan. Secara alami, dengan sentuhan khusus yang berkelas, sangat disegani dan dihargai oleh fans kesebelasan Jerman. Pengetahuan tentang teknis, persiapan yang matang dan analis yang tajam banyak memberikan kenangan dan penghormatan dari banyak pihak. Hal penting yang diwariskan pada kesebelasan Jerman adalah regenerasi pemain Jerman yang rata-rata hanya sekitar 26 tahun tersebut merupakan poin tersendiri bahwa Jerman akan banyak berbuat di masa 4 tahun ke depan bahkan Piala dunia 2014 di Brasil nanti.

Khusus kinerja selama Piala Dunia 2010, dari 6 pertandingan sampai perempat final team Jerman telah memasukkan 13 goal (2,17 per pertandingan) dan kemasukan 3 (0,5 per pertandingan). Sampai saat ini Jerman bisa mempertahankan gelarnya sebagai Semifinalis Sejati.

Jogi memang baru bisa mencapai semifinal, namun kerja keras, perjuangan dan usahanya telah memupuk benih-benih pemain muda dan berbakat di Jerman. Di Masa datang kesebelasan Jerman akan patut disegani dan dihormati baik dengan elatih Jogi atau tidak. Selamat Bung Jogi Anda telah berhasil melakukan Regenerasi di Team Jerman.

Pos ini dipublikasikan di diary, indonesia, sepak bola. Tandai permalink.

10 Balasan ke Joachim “Jogi” Lw : From Zero to Hero-nya Jerman

  1. fandagri berkata:

    Yang penting koment dulu ah………

  2. cykleem berkata:

    facebook w gk bs di gunain napa ya bro..? tp enakn ngblog aja !

  3. frazi berkata:

    IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

  4. ibprabowo berkata:

    terima kasih ..saya sendiri kaget bisa menang

  5. bisot berkata:

    mas sehubungan dgn lomba blog flobamora, tolong alamat pengiriman hadiah dan nomor rekening di kirim via email ke tuteh.pharmantara@gmail.com

    terimakasih

  6. ibprabowo berkata:

    terima kasih panitia dan sukses untuk lomba ini dan event2 berikutnya, saya jawab dari email saya bowox9@gmail.com

  7. ibprabowo berkata:

    @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

  8. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  9. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s