Bermula dari Email ke Browsing, Chatting, Social Networking dan Blogging

Sampai saat ini, waktu yang saya ingat saya mulai aktif on line sejak tahun 1999. Beberapa tahun sebelumnya, saya mendengar bahwa kakak kelas kuliah bisa saling komunikasi meski satu berada di Amerika Serikat dan satu lagi di Inggris. Secara intens mereka saling mengabari dan meng-up date informasi yang saat itu belum terbayangkan sama sekali dalam benak saya. Komunikasi saya masih terbatas alias off line. Saya bisa komunikasi dan cari informasi dari bertemu langsung dengan sumber infromasi atau teman, via telepon, baca di koran, baca buku atau bahkan menyambangi perpustakaan. Bahkan saya pernah menginap di perpustakaan untuk dapat informasi penelitian yang sangat penting. Lucu juga ya kalau ingat waktu itu.

Nah rasa penasaran saya pun muncul. Kok bisa ya di dua benua bisa ter-up date informasi bahkan informasi tersampaikan secara langsung (instan) dan terjadi komunikasi dua arah. Waktu itu setahu saya ada semacam surat elektronik yang bisa saling dikirimkan (saat ini disebut email) dan bulletin board (saat ini semacam forum atau semacam social newtworking sederhana). Setelah cari informasi sana sini kuncinya adalah saya mesti bisa on line via internet.

Saya agak lupa tahun kapan saya bisa on line pertama kali. Setahu saya ada proses saya hanya melihat orang lain bisa on line. Penasaran ini tak juga kesampaian juga. Internet atau on line rasanya hal yang aneh dan jauh atau sulit sekali untuk dikuasai. Kalau digambarkan seperti kelaparan, ada teman makan enak dan saya hanya melihat. keluar juga air liur keinginan itu. Mulai dari melihat akhirnya saya bisa juga mulai merasakan internet dengan on line (terhubung ke internet). Sebelumnya saya juga tidak mengerti, bagaimana ya caranya on line ? Suka tidak suka, mau tidak mau supaya tidak ketinggalan jaman saya tanya sana sini, cari informasi bahkan punya keinginan kuat untuk punya laptop yang terkabul di tahun 1999.

Email

Awal pertama saya membuka email di http://www.hotmail.com. Email ini tetap saya jaga tetapi hanya terbatas komunikasi dengan teman kuliah. Saat ini saya sudah punya beberapa email dari yahoo, telkomnet, plasa, gmail dan lainnya.

Wah awalnya untuk membuka email pun saya harus tanya sini. Namun karena rasa penasaran yang kuat untuk menguasai akhirnya bisa kebuka juga email tersebut. Aduhh senangnya bisa punya email. Bahkan ke teman-teman mengabarkan kalau aku sudah punya email dan meminta untuk mengirimi ke email saya. Kebanggaan itu seperti saat ini membagi-bagikan pin Black Berry atau alamat email facebook. Haahaha..sambil nulis ini jadi saya tersenyum sendirian

Browsing

Berikutnya saya penasaran untuk browsing atau menjelajahi internet. Alamat website tertentu untuk cari informasi sungguh sangat berguna, apalgi saya sangat haus akan informasi terlebih informasi yang berkaitan dengan pekerjaan, hobi atau apapun juga yang membuat otak selalu tercerahkan.

Sampai saat ini saya jadi tahu bahwa untuk cari informasi saya cukup tahu 6 alamat penting yaitu http://www.google.com, http://www.yahoo.com, http://www.bing.com, http://www.kompas.com, dan www. detik.com. Tiga yang pertama adalah search engine (mesin pencari), saya tinggal mengetikkan keyword (kata kunci) maka informasi apapun saya bisa dapatkan. Misalnya jika saya ketik “top score piala dunia 2010” dari http://www.yahoo.com maka akan dapat informasi berita sekitar top score piala dunia 2010. Hehehe bukan promosi lho, hasil pencariannya (pada saat tulisan ini dibuat) tersebut diantaranya menuju pada blog saya di blogdetik . Pada ranking 2 termasuk tulsian saya berikut Piala Dunia 2010 : Top Scores Dunia Berkumpul di Afrika Selatan | IB Untuk 2 alamat terakhir www.kompas.com, dan www. detik.com berguna mencari informasi berita terkini yang menurut saya saat ini masih yang terbaik di Indonesia. Bahkan frekuensi saya ke www. detik.com paling tinggi.

Jadi saat ini cari informasi mudah khan tinggal ketik kata kunci pada search engine yang dimaksud. Khusus untuk berita di ke http://www.detik.com aja.

Chatting

Chatting atau komunikasi dua arah langsung dan interaktif baik dengan tulisan, gambar atau video sudah bisa dilakukan dengan berbagai cara. masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Awalnya saya mulai chatting dari yahoo messenger dan MIRc. Saat ini kita bisa lakukan chatting dengan googletalk, msn, icq, facebook dan lain-lain.

Saya dari chatting bisa mengenal banyak orang baru atau bahkan bisa berkomunikasi dengan teman lama lebih efektif. Hal menarik ternyata ada pengalaman kantor teman saya kehadirannya bisa dipantau dari yahoo messenger. Lucu juga ya.

Chatting menurut saya adalah wahana komunikasi dengan teman berguna untuk menjembatani lokasi, kesibukan dan alat komunikasi lain tidak bsia terhubung. Bahkan jika alamat teman berubah atau nomor handphone berubah, biasanya alamat messenger tetap sehingga tetap bisa saling komunikasi.

Saat ini yang lagi santer adalah chatting via Blackberry Messenger. Antar teman sekarang sangat bangga jiak saling menanyakan pin BB masing-masing. Sya sendiri belum ada BB, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa punya. Katanya chatting dengan BB gratis, kita hanya cukup membayar langganan koneksinya ke operator yang kita pilih. Komunikasi jaman modern makin mudah ya ?

Social Networking

Social Networking atau jaringan pertemanan sudah ada banyak. Pertama kali saya mulai dari friendster. Kemudian mulai merambah ke Hi5, tagged, netlog, linkedin, myspace, facebook, twitter dan masih banyak lagi. Bahkan hasil kreasi putra Indonesia http://www.koprol.com telah dibeli oleh ww.yahoo.com. Hebatt ya.

Saat ini yang cukup populer adalah facebook dan twitter. Saya sendiri mempunyai akun di banyak social networking.

Pengalaman yang berkesan dari saya pribadi yaitu dari facebook (FB) dan twitter. Sehubungan di FB saya jadi admin di beberapa group, saya pernah diminta untuk urus reuni sekolah. Wah senang juga ketemu teman-teman dan bisa berkumpul lagi, bahkan bisa ketemu teman lama yang sudah lama tidak bersua. Pokoknya banyak eknangan dan bisa terus saling komunkasi sekarang dan nanti lho. Sedangkan di twitter saya sangat terkesan akan berita-berita langsung dari selebritis, guru-guru motivasi dan dan berita-berita terkini secara langsung dan cepat. Saya pernah dengar, terjadinya bom dan tsunami berita tercepat diperoleh dari twitter.

Pokoknya mari kita terus perluas jaringan pertemanan kita untuk kehidupan lebih baik, persahabatan yang lebih erat dan kualitas pertemanan yang sehat.

Blogging

Nah untuk blogging adalah pengalaman saya palign terkesan dan sampai sekarang masih sering dilakukan. Hobi blogging saya makin sering dilakukan setelah posting (tuisan)saya di blogdetik beberapa kali menjadi posting pilihan atau hot blog sehingga banyak hit (traffic masuk) ke blog saya di http://ibprabowo.blogdetik.com. Saya sudah ngeblog cukup laa dan mempunyai blog beberapa namun blog saya di blogdetik ini membuat saya bergairah dan senang untuks ellau menulis dan menulis.

Jadi pengalaman saya on line dari pertama kali dari email, terus berlanjut ke browsing, Chatting, social networking dan blogging membuat hidup saya juga bergairah dan bermakna. Saya bisa berkomunikasi dengan teman-teman, saya bisa ter up-date informasi, saya bisa mencari informasi dan bahkan saya bisa menulis untuk membagikan banyak hal tentang pengalaman dan bahkan berdiskusi tentang banyak hal. Pokoknya sayang sekali jika pengalaman on line yang sekarang murah dan bermanfaat ini tidak dipergunakan sebagaimana mestinya.

Teman-teman netter mari kita jaga pertemanan ini dan selalu berkreasi serta berinovasi untuk kehiduapan umat manusia lebih baik yang bermartabat dan berhati nurani. Selamat ber-meail ria browsing, chatting , socialnetworking dan nge-blog.

Salam.

Pos ini dipublikasikan di diary, indonesia. Tandai permalink.

10 Balasan ke Bermula dari Email ke Browsing, Chatting, Social Networking dan Blogging

  1. fandagri berkata:

    Yang penting koment dulu ah………

  2. cykleem berkata:

    facebook w gk bs di gunain napa ya bro..? tp enakn ngblog aja !

  3. frazi berkata:

    IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

  4. ibprabowo berkata:

    terima kasih ..saya sendiri kaget bisa menang

  5. bisot berkata:

    mas sehubungan dgn lomba blog flobamora, tolong alamat pengiriman hadiah dan nomor rekening di kirim via email ke tuteh.pharmantara@gmail.com

    terimakasih

  6. ibprabowo berkata:

    terima kasih panitia dan sukses untuk lomba ini dan event2 berikutnya, saya jawab dari email saya bowox9@gmail.com

  7. ibprabowo berkata:

    @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

  8. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  9. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

