Pameran Produk Kreatif: Bangkitkan Produk Lokal agar Mengglobal

Saya terkaget-kaget melihat pameran kali ini, yaitu Pameran Produk Kreatif, berlangsung 23 – 27 Juni 2010 di Jakarta Convention Center, Jakarta. Pameran yang saya lihat diluar perkiraan saya, semula saya berfikir bangsa Indonesia sangat memprihatinkan dan ada pandangan pesimistis terhadap potensi bangsa. Setelah datang ke pameran ini pandangan sayang berubah 180 derajat. Kita patut berbangga atas hasil karya anak bangsa Indonesia dan perlu direalisasikan untuk pengembangan karya kreatif semacam ini lebih luas lagi, serta secara bahu membahu dan bersama-sama dibangkitkan terus produk lokal semacam ini untuk mengglobal.

Fokus pameran ini yaitu “Industri Kreatif berbasis Teknologi Informasi dan Produk Kreatif Ramah Lingkungan”.

Pameran Produk Kreatif ini mencakup 14 sub sektor industri kreatif yaitu :

  1. Periklanan
  2. Arsitektur
  3. Pasar Seni dan Barang Antik
  4. Kerajinan
  5. Desain
  6. Fashion (mode)
  7. Film, Video, Fotografi
  8. Permainan Interaktif
  9. Musik
  10. Seni Pertunjukan
  11. Penerbitan dan Percetakan
  12. Layanan Komputer dan Piranti Lunak
  13. Radio dan Televisi
  14. Riset dan Pengembangan

Selain pameran juga diselenggarakan konvensi dan gelar budaya. Acaranya cukup padat dan merupakan persembahan Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat RI dan didukung 15 kementerian dan lembaga. Informasi dapat dilihat di websitenya http://pekanprodukkreatif.com/.

Pada kesempatan saya datang, memang tidak banyak booth yang efektif bisa saya kunjungi meski berada di sana sekitar 3 jam. Berikut 2 fokus yang menggugah saya untuk menulisnya di blog pribadi, yaitu :

Karya Siswa SMK Pilihan yang membanggakan

SMKN Losarang Indramayu siswa-siswa kelas satunya dididik untuk bisa merakit laptop. SMKN 4 Malang memamerkan animasi film kartun yang cukup kreatif. SMK Citra Buana merupakan role model untuk pendidikan broadcasting, bahkan telah diikuti oleh 40 lebih SMK lainnya. SMK Bayat Klaten mendidik siswa untuk konsentrasi pembuatan batik yang hasilnya sungguh membuat saya bangga dan terheran-heran. Masih banyak lagi karya siswa SMK di seluruh Indonesia yang dipamerkan.

Sebaiknya Anda datang langsung untuk melihat dan menanyakan sendiri dengan siswa dan guru-guru di pameran atas hasil karya kreatif mereka. Akan ada banyak hal yang membanggakan dan membuat terheran-heran yang dapat dirangkum dalam kalimat seperti : Kok udah bisa ya ? Saya ga kira kita sudah bisa melakukannya .

Ini merupakan karya pemuda-pemudi yang masih remaja namun merupakan suatu awal untuk mengembangkan dan memasyarakatkan produk keatif lainnya di seluruh pelosok Indonesia. Hal utama adalah menggali segala potensi bangsa. Produk kreatif tersebut, selain akan menaikkan martabat bangsa, meningkatkan produk nasional juga memperbesar lapangan pekerjaan dan pendapatan masyarakat secara merata. Suatu usulan priabadi, sebaiknya dalam pengembangan dan memsayarakatkan produk kreatif ini melibatkan juga perusahaan dengan CSR-nya, koperasi, LSM, pemda, komunitas media, masyarakat umum dan komunitas social networking di internet. Saya kira ini bisa menjadi terobosan yang akan membuat kita terheran-heran lagi.

Karya Mahasiswa Universitas yang Inovatif

Ada banyak kreasi mahasiswa universitas yang dipamerkan. Saya hanya datang ke 2 tempat, yang pertama yaitu kreasi ITB dengan pengembangan energi surya untuk penyediaan listrik di pedesaan. Energi surya ini untuk mengalirkan kebutuhan listrik di desa tersebut telah diaplikasikan pada 2 desa. Jika memang dikaji implementasinya punya nilai ekonomis dan kemudahan realisasi, energi surya ini bisa dimasyarakatkan di seluruh Indonesia sebagai alternatif sumber energi untuk lsitrik.

Kedua, saya mengunjungi booth yang menampilkan kreasi mahasiswa UGM dalam menciptakan kendaraan hemat bahan bakar. Dalam pameran tersebut terdapat kendaraan yang diperkirakan hanya menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk 1000 km dengan kecepatan sekitar 30 km/jam. Prototipe kendaraan tersebut yang ada ruang pameran saat ini juga sedang diikutkan perlombaan tingkat internasional.

Meski ini pameran ini merupakan satu mata rantai dari rangkaian suatu proses pengembangan dan pembangkitan produk lokal, dari pameran ini membuktikan ternyata bangsa Indonesia dari pemuda-pemudanya bisa menciptakan produk kreatif dari banyak sektor. Sungguh akan sanagt baik buat semua, apabila produk kreatif ini terus ditingkatkan dan dikembangkan ke seluruh pelosok nusantara agar memberikan motivasi untuk mengembangkan produk kreatif lain. Tentunya pengembangan dengan berbagai cara dan strategi yang komprehensif serta melibatkan banyak pihak. Ujung-ujungnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari menggali potensi-potensi yang ada.

Sukses buat Pameran Produk Kreatif, buat organiser, Kementrian Kesra dan Kementrian pendukungnya, dan masyarakat Indonesia umumnya. Mari bangkitkan produk lokal untuk mengglobal.

Pos ini dipublikasikan di indonesia, pameran. Tandai permalink.

10 Balasan ke Pameran Produk Kreatif: Bangkitkan Produk Lokal agar Mengglobal

  1. fandagri berkata:

    I love Indonesia !!

  2. ibprabowo berkata:

    me 2, thanks commentnya selamat ya pernah terpilih postingannya di http://blogdetik.com

  3. fandagri berkata:

    He…He…
    Mas prabowo tuh sang masternya. Saya mesti banyak belajar dari yang lebih senior nih. Keep blogging mas,

  4. 4lf1rdaus berkata:

    mngkin sombong tu
    my blog

  5. iwanbudiono06 berkata:

    dibutuhkan sebuah tim sepakbola yg solid dan kompak,,
    ketika terdesakatau permainan lawan lebih keras maka jangan kehilangan gayapermainan,,gaya permainan yg cantik bisa mndatangkan juara k timtersebut..

    salam kenal
    http://blog.unand.ac.id/iwan06/

  6. frazi berkata:

    IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

  7. ibprabowo berkata:

    @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

  8. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  9. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s