Piala Dunia 2010 : Brasil, Samba vs Kemenangan

Saya agak susah untuk memberikan judul untuk Brasil, sehubungan kalau bicara sepak bola, sampai saat ini kampiumnya Brasil. Ada pepatah menyatakan The English invented it, the Brazilians perfected it (Inggris menemukan sepakbola, Brasil membuatknya menjadi sempurna). Samba adalah tarian asli Brasil yang resmi diakui UNESCO bernuansa Afrika. Samba mewarnai juga dalam sepakbola. Saat sekarang ada pertanyaan yang sering dilontarkan, team bola Brasil masih mempertahankan keindahan sepak bolanya seperti tarian Samba atau hanya mengejar kemenangan saja dengan goal-goalnya.

Harus diakui Brasil telah memenangkan 5 Piala Dunia di 4 benua berbeda (1958, 1962, 1970, 1994, 2002), 3 Piala Konfederasi (1997, 2005, 200), 8 kali Juara Copa Amerika (1919, 1922, 1949, 1989, 1997, 1999, 2004, 2007), meski tidak pernah Juara Olimpiade hanya 2 kali medali Perak. Pemainnya saat ini merumput di klub-klub besar Eropa dan Amerika Latin.

Sejarah Sepak Bola mencatat di Brasil ada 4 masa :

  • Pertama, sebelum 1957 awal dari persepak bolaan tanpa gelar juara, nama pemain yang dikenal diantaranya Leonidas da Silva, Nlton Santos, Djalma Santos, and Didi. Posisi tertinggi adalah juara ke-2 tahun 1950.
  • Kedua, tahun 1957 – 1970 dengan mendapatkan 3 kali gelar juara 1958 Sweden, 1962 Chile, 1970 Mexico, pada masa ini dikenal pemain seperti Pele, Zito, Garrincha, Carlos Alberto Torres, Jairzinho, Tosto, Grson and Rivelino.
  • Ketiga, tahun sesudah 1970 – sebelum 1994 masa Brasil tanpa gelar Juara dengan posisi tahun 1978 sebagai juara ke-3. Pada masa ini dikenal pemain seperti : Scrates, Zico, Falco, Jlio Csar da Silva, der dan Dunga.
  • Keempat, setelah 1994 kembalinya Samba yang meraih Juara Piala Dunia 2 kali tahun 1994 USA, 2002 S. Korea-Japan dan final 1998. Pemain pada masa ini diantaranya Romrio, Bebeto, Dunga, Taffarel, Jorginho, Ronaldo , Rivaldo, Ronaldinho, Adriano, Kak, Lus Fabiano, Roberto Carlos, Robinho, Cicinho, Jlio Baptista, dan Dani Alves.

Khusus untuk Piala Dunia 2010 ini, Brasil dilatih oleh Dunga Kapten Brasil yang mencium Piala Dunia 1994 ( 1994 World Cup) seperti halnya Maradona yang Kapten mencium Piala Dunia 1986 (1986 World Cup). Dua rival Amerika Latin ini akan bersaing untuk menyamai Franz Backenbauer yang pernah sebagai pemain dan pelatih memenagi Piala Dunia.

Pemain Brasil 2010 ini yiatu : Jlio Csar, Gomes, Doni, Maicon, Lcio, Juan, Michel Bastos, Daniel Alves, Luiso, Thiago Silva, Gilberto, Felipe Melo, Elano, Gilberto Silva, Kak, Josu, Ramires, Jlio Baptista, Klberson, Lus Fabiano, Robinho, Nilmar, dan Grafite. Dari 22 pemain 13 diantaranya berumur 29 tahun ke atas, dengan demikian materi pemain Brasil adalah kematangan dan jam terbang. Brasil tidak bsia mengandalkan kecepatan, kegesitan dan adu tenaga. Sangat berlainan dengan team Jerman yang mengandalkan pemain muda, namun dengan jam terbang, skill dan terutama rata-rata pemain Brasil yang mempunyai bakat alam dapat mempunyai lebih dibandingkan team lain.

Seperti pertanyaan dalam judul di atas, Brasil akan tetap memperlihatkan sepak bola cantik ala Samba atau hanya kemenangan semata. Jika mengandalkan Samba saja maka bisa dimungkinkan Juara Piala Dunia bisa tidak diraih namun secara komunikasi sepak bola internasional akan dihargai, dihormati dan merupakan tontonan yagn menarik. Sebaliknya jika hanya faktor kemenangan semata meski tontonan tidak menarik lagi soal kemenangan bisa saja diraih namun spirit Samba akan hilang.

Berdasarkan materi yang umumnya matang tersebut saya pribadi yakin bahwa keduanya bisa diraih, dengan memperlihatkan permainan cantik Brasil dengan tarian Sambanya danpeluang memperoleh kemenangan bisa diraih. Kita tunggu saja hasil sebenarnya Piala Dunia 2010.

Selamat Nonton Bareng dan menikmati keindahan sepak bola. Semoga segera Indonesia bisa menyusul Brasil. Ciao.

Pos ini dipublikasikan di indonesia. Tandai permalink.

10 Balasan ke Piala Dunia 2010 : Brasil, Samba vs Kemenangan

  1. asmarie berkata:

    wahhh…mantab infonya

    saya mau ke jkt ntr dikasih tau ya

    hehehe

  2. shaggy berkata:

    portugal donk
    blog.unand.ac.id/shagylin/

  3. ibprabowo berkata:

    haha..nantikan prediksi saya ya

  4. wayjepara berkata:

    Muller dan klose akan tambah golnya……….

  5. frazi berkata:

    IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

  6. ibprabowo berkata:

    @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

  7. yapi berkata:

    Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

  8. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s