Mengapa Sepak Bola menjadi Olahraga Populer Sejagat ?

    Pertanyaan dalam judul di atas susah-suah gampang dijawabnya. Yang pasti saat Piala Dunia 2010, masyarakat di banyak negara di dunia terhipnotis oleh pesta akbar ini. Selama sebulan penuh 11 Juni 2010 sampai 11 Juli 2010 beratus juta pasang mata rela barada di depan televisi dan layar lebar. Nonton bareng dan event khusus sekitar Piala Dunia digelar di seluruh pelosok kota dan desa di dunia.

    Saya cukup iseng berfikir untuk menjawab atas pertanyaan di atas :

    • Manusia suka permainan, dalam kehidupannya sejak lahir sampai mati, manusia akan tergugah dan antusias menonton atau terlibat langsung dalam permainan. Sepak bola adalah salah satu permainan yang sejak muda dikenal diseluruh dunia.
    • Sejak dini dikenal di seluruh pelosok, sepak bola adalah permainan yang dimainkan dari mulai pedesaan dan perkotaan. Cukup dengan bola, garris batas kotak dan tunjukkan gawang dengan cara apapun, beberapa orang dibagi dua, satu bola diperebutkan untuk saling dimasukkan ke gawang lawan. Pihak yang berhasil menggolkan terbanyak yang menang.
    • Modal lapangan, tanpa alas kaki bisa bermain bola, format bermain bola di pelosok tidak harus 11 lawan sebelas dan ukuran tidak harus standar lapangan. Ada lapangan, ada bola ada sekelompok orang bola bisa dimainkan dimanapun.
    • Bola dan kaki adalah adalah dasar dari banyak permainan dan bola permainan termudah memahaminya, permainan dan olah raga yang didasari bola sangat banyak dari golf, volley, basket, bola kasti, baseball, bowling, bola sodok, ping pong, tenis dan lain-lain. Namun permainan yang mudah dipahami ya sepak bola.
    • Permainan bola adalah analogi kehidupan yang mudah dicerna, dalam bola ada penjaga gawang, ada gelandang yanmg memberikan umpan pada penyerang, ada penyerang sebagai pihak terdepan untuk menciptakan goal. Dalam kehidupan adalah hasil yang dinilai bukan upaya. Istilah sederhana apa goalnya ? Apakah bisa sampai goalnya ? Kalau tidak ada goal suatu usaha dianggap tidak ada apa-apanya.
    • Bola adalah bundar, seperti dalam kehidupan banyak tidak kepastian,meski sudah dipesiapkan,meski sudah latihan namun pemenang bisa pihak mana saja. Demikian juga dalam kehidupan banyak hal tidak dimengerti namun itulah tontonan yang menarik, dalam ketidak pastian itualh segala daya upaya, permainan yang berkembang, strategi menciptakan gola, manajemen penyerangan, seni bermain bola, pelatih dan kapten membina pemain yang mumpuni merupakan pembicaraan dan tontonan yang menarik yang membuat sepak bola bisa menjadi magnet yang sangat digemari untuk selalu di tunggu-tunggu. Apaalgi jika kompetisi sepakbola tersebut adalaah pesta akbar seluruh dunia.

    Ha ha.. sungguh itu yang ada dalam benak saya. Bagaimana menurut Anda sehingga sepak bola menjadi olahraga populer sejagat?


    Pos ini dipublikasikan di indonesia. Tandai permalink.

    10 Balasan ke Mengapa Sepak Bola menjadi Olahraga Populer Sejagat ?

    1. fachrulramadhan berkata:

      hidup sepak bola!!!!
      ^_^
      kunjungi blog saya ya:
      http://blog.unand.ac.id/langang/

    2. mputantular berkata:

      analisis yang menarik. kalau toh jerman gagal kali ini, di piala eropa dua tahun mendatang atau di piala dunia empat tahun mendatang mereka pasti akan lebih matang

      walau mengagumi jerman aku tetap memfavoritkan inggris, hehehe

      salam kenal

    3. arimuzrahman berkata:

      salam kenal,
      banyak sekali tim2 besar yang mainnya kacau, padahal mereka pemain bintang semua. walaupun pemain bintang tapi kalau tdk solid bisa kacau jg permainannya.……
      saya menjagokan brazil tahun ini,……..

    4. 4lf1rdaus berkata:

      argentina jd juaramy blog

    5. areeve berkata:

      Ok lh………….. smoga tim panser mkin matang……

      slm knal…….

      blog unand

      blog detik

    6. ibprabowo berkata:

      thanks commentnya dan salam kenal, apapun jagoan kita khan tidak masalah..heheheh

    7. batikmania berkata:

      Temen saya bilang, “ditinggal pacar gua nggak nangis, ditinggal suami gua nggak sedih, tapi waktu tahu Jerman kalah, gua sakiiit banget.” Sampe segitunya ya cintanya sama tim panser. ck…ck…ck… btw, apa kabar nih PSSI?

    8. gusryanzarikhamsya berkata:

      Jerman cukup baik permainannya, dan dapat diunggulkan untuk menjadi juara……..
      tapi hendaknya jerman harus bermain konsisten….

      kunjungi [ My BloQQ ] OK

    9. gusryanzarikhamsya berkata:

      selaku pendukung itali saya berharap, itali bertemu jerman di final

      kunjungi [ My BloQQ ] OK

    10. goesone berkata:

      Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s