Jalan Sukabumi – Bogor, kapan realisasi jalan tol ?

macet1Macet adalah hal biasa yang terjadi di Jakarta terutama pada jam berangkat kantor dan pulang kantor. Namun demikian macet ke luar kota sampai semula yang membutuhkan 1 – 2 jam menjadi 4 jam adalah hal yang luar biasa. Ini terjadi dalam perjalanan di pagi hari (hari Senin subuh pukul 5) antara Sukabumi dan Bogor. Kendaraan yang hampir mendekati Ciawi (menuju Cikereteg) dengan inisiatif masing-masing mengalihkan pada jalan kecil bahkan belum diaspal. Hal ini menyebabkan macet di kedua arah. Untuk melaluinya mobil harus menunggu dari arah sebaliknya bergantian bisa jalan. Pemandangan yang jarang terjadi namun ini pertanda bahwa jalan antara Sukabumi – Bogor sudah mulai menuju puncak bebannya.

Memang diantara Sukabumi – Bogor ada sedikit jalan putar di Cibadak, Cicurug, Ciawi , Bogor (Cihideung – Cijeruk), namun bagaimanapun juga ada masa waktu tempuh menjadi 2 sampai 3 kalinya. Waktu terbuang percuma, bensin terbuang percuma dan terutama kesempatan/peluang untuk berkembang untuk kota dan kabupaten Sukabumi menjadi hilang (loss of opportunity).

Sejak tahun 1997, pernah ‘didengar’ akan dibuat jalan tol dan mulai pembebasan. Namun sehubungan krisis banyak pembangunan jalan tol mulai tertunda termasuk dari Bogor ke Sukabumi. Sekarang sudah mulai santer dipublikasikan bahwa dalam 1 -3 tahun ke depan akan mulai dibangun jalan tol secara bertahap, pertama dari Ciawi ke Cicurug dan tahap berikutnya baru ke arah Sukabumi.

Ada 3 hal penting yang berkatian dengan pembangunan jalan tol ini :

  1. Pengembangan potensi di kabupaten dan kotamadya Sukabumi perlu mulai dibenahi dan ditata sejak awal, baik itu dalam bidang pariwisata, perikanan darat dan laut, perkebunan, peternakan, industri, sumber daya manusia, dan aspek ipoleksusbudnya. Sehingga pada saatnya semuanya itu saling berkonstruktif terhadap pembangunan manusia secara umumnya dan merata untuk kepentingan semua penduduk terutama penduduk Sukabumi dan sekitarnya.
  2. Daya dukung jalan di kota Sukabumi perlu dibenahi segera, saat ini tanpa jalan tol pun di kota Sukabumi yang kecil sering ada kemacetan, bagaimana jiak ada jalan tol ? Saya sendiri tidak bisa memikirkan dan membayangkannya jika tidak diantisipasi sejak sekarang ?
  3. Pembangunan jalan tol ini secara umum lebih memberikan dampak positifnya sehingga semua pihak perlu memberikan dukungan yang kondusif terhadap pembangunan jalan tol ini, baik pemerintah, legislator pusat dan daerah, masyarakat yang dilewati, pengusaha dari berbagai bidang dan pemerhati/pengamat yang concern akan kota / kab sukabumi untuk pengembangan dalam jangka panjang.

Moga-moga rencana pembangunan jalan tol kali ini benar-benar terealisasi, jembatan penghubung Jawa – MAdura saja bisa terealisasi, mengapa pembangunan jalan tol yang hanya 60 km tidak terealisasi ?

Semoga

Pos ini dipublikasikan di bogor, sukabumi. Tandai permalink.

10 Balasan ke Jalan Sukabumi – Bogor, kapan realisasi jalan tol ?

  1. Herry berkata:

    yg gak nyenengin tuh pesingnya mas wkwkwkwk😀

  2. ibprabowo berkata:

    mudah2 an pemerintah selalu perbaiki sarana pelayanan buat masyarakat, dg blog dan info semacam ini cepat atau lambat perlu ada penyempurnaan, salam

  3. ibprabowo berkata:

    thanks atas commentnya, datang langsung Anda bisa merasakan indahnya alam ini

  4. ibprabowo berkata:

    @dewipadi lihat putu2 nya masih banyak, paling pas dateng alngsung ke sana, pesan satu aja selalu pertimbangkan faktor keselamatan ya

    @ocehanburung oo jangan2 yang pas makan di rumah makan pojok ya, itu tempat kami makan di kunjungan pertama hanya kita lokasinya berpindah ke pantai

    setuju ke ujung genteng unforgetable moment, boleh juga ada UGM, Anda foundernya ? Salam buat teman2 kalau ada kesempatan kembali kasih tahu ya ke bowox9@gmail.com

  5. 4lf1rdaus berkata:

    Piala dunia aaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    i am comingggggggggggggggggggg
    lupakan gosippppppppppppppp
    saatnya bersorak golllllllllllllllllllllll
    rumahku

  6. ibprabowo berkata:

    All Netter Thanks atas commennya, selamat menikmati nonton bareng ya

  7. batikmania berkata:

    Temen saya bilang, “ditinggal pacar gua nggak nangis, ditinggal suami gua nggak sedih, tapi waktu tahu Jerman kalah, gua sakiiit banget.” Sampe segitunya ya cintanya sama tim panser. ck…ck…ck… btw, apa kabar nih PSSI?

  8. gusryanzarikhamsya berkata:

    Jerman cukup baik permainannya, dan dapat diunggulkan untuk menjadi juara……..
    tapi hendaknya jerman harus bermain konsisten….

    kunjungi [ My BloQQ ] OK

  9. gusryanzarikhamsya berkata:

    selaku pendukung itali saya berharap, itali bertemu jerman di final

    kunjungi [ My BloQQ ] OK

  10. goesone berkata:

    Nurdin dan Gayus,…..ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti…semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s